Selasa, 20 Oktober 2020 18:53

Refocusing Anggaran, Rehab Sebagian Rumah Program RTLH Pemkab Pasuruan Tertunda

Kamis, 13 Agustus 2020 18:41 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Ahmad Habibi
Refocusing Anggaran, Rehab Sebagian Rumah Program RTLH Pemkab Pasuruan Tertunda
Salah satu rumah warga miskin di Pasuruan yang mendapat program RTLH. (foto: ist).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Upaya Pemkab Pasuruan untuk memberikan tempat hunian yang layak bagi masyarakat miskin setiap tahunnya terus dilakukan. Di antaranya melalui program rehab rumah tak layak huni (RTLH).

Namun di tahun ini, program rehab RTLH yang menargetkan 2.000 rumah, berjalan tidak sesuai harapan lantaran adanya kebijakan refocusing anggaran.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasuruan, Harry Apriyanto mengatakan, tahun ini pemkab sudah menyiapkan anggaran Rp 30 miliar dari APBD II. Dana tersebut sesuai dengan perencanaan dan usulan dari desa atau kecamatan untuk membangun 2.000 unit RTLH. Namun dalam perjalanan, program tersebut dilakukan pengurangan lantaran adanya kebijakan refocusing anggaran.

“Karena ada refocusing anggaran, total 2.000 unit rumah warga miskin yang akan direhab sebagian ada yang ditunda lantaran anggaran tidak cukup, untuk yang dibangun menjadi 1.735 unit," ujarnya, Kamis (13/8/2020). 

Ia mengungkapkan, progres bedah rumah di Kabupaten Pasuruan, sebagian di antaranya sudah ada yang rampung. Sehingga, bisa dimanfaatkan karena pengajuan persyaratan berkas lebih awal.

"Namun ada juga yang masih dalam tahap pengerjaan. Kendala tidak bisa serentaknya, lantaran saat sosialisasi program tersebut ada larangan kegiatan kumpul karena ada pandemi Covid-19," ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk tiap unit rumah yang direhab, pemkab memberikan bantuan sebesar Rp 15 juta melalui transfer langsung ke rekening penerima program atau keluarga miskin.

"Dalam pelaksanaan pembangunan RTLH, pihak pemkab membantu tenaga pendamping dengan harapan pembangunan rumah layak huni sesuai dengan ketentuan," pungkasnya. (bib/par/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Sabtu, 17 Oktober 2020 14:42 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...