Sabtu, 26 September 2020 10:26

F-PKB DPRD Bangkalan Soroti Penurunan Proyeksi Penerimaan Daerah Sebesar Rp 236,4 M di R-PAPBD

Selasa, 11 Agustus 2020 09:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
F-PKB DPRD Bangkalan Soroti Penurunan Proyeksi Penerimaan Daerah Sebesar Rp 236,4 M di R-PAPBD
Mohammad Hotib saat menyampaikan Pandangan Umum Fraksi PKB pada paripurna terkait Nota Pengantar Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 di gedung DPRD Bangkalan, kemarin (10/8).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Bangkalan menyorot penurunan proyeksi penerimaan daerah secara keseluruhan sebesar Rp. 236,4 miliar atau turun 10.28 persen di rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.

Sorotan ini disampakan Juru Bicara F-PKB Mohammad Hotib saat membacakan Pandangan Umum (PU) terhadap nota pengantar Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020, Senin (11/8) kemarin.

"Ini disinyalir akan mengakibatkan melemahnya kapasitas fiskal Pemkab Bangkalan," katanya.

Karena itu, pihaknya meminta pemkab membuat terobosan untuk merespons melemahnya sektor ekonomi yang diasumsikan sebesar 5,39 persen, akibat dampak dari pandemik Covid-19.

"Pemulihan ekonomi harus diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan, dengan mengarah pada ketahanan pangan, penguatan pertanian, dan pendampingan UMKM," terangnya.

"Kemudian, dana hasil refocusing juga jangan ditempatkan pada pos belanja tidak terduga. Seharusnya diberikan pada anggaran BPBD atau instansi terkait yang membidani fokus penanganan akibat Covid-19 sebagai bencana non alam ini," tambahnya.

Lanjut Hotib, F-PKB juga menyarankan pemerintah melakukan pengadaan barang dan jasa dengan mekanisme swakelola kebijakan padat karya tunai yang mampu menyerap tenaga kerja harian. 

"Jadi, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Yakni pembangunan melalui padat karya tunai dapat melibatkan masyarakat. Di sisi yang lain pemerintah daerah dapat mengurangi angka pengangguran terbuka," pungkasnya. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...