Rabu, 16 Juni 2021 06:07

Terdampak Covid-19, Realisasi PAD Kota Batu Baru Capai 28,36 Persen

Kamis, 02 Juli 2020 13:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Agus Salimullah
Terdampak Covid-19, Realisasi PAD Kota Batu Baru Capai 28,36 Persen
M. Chori, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 ternyata berdampak besar terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Batu. Hingga triwulan kedua, realisasi PAD baru mencapai 28,36 persen atau senilai Rp 58,7 miliar dari target Rp 207 miliar.

"Selama pandemi Covid-19 sejak Maret hingga Juni 2020, Pemkot Batu sangat minim pemasukan. Hal ini disebabkan karena PAD Kota Batu ditopang dari sektor pajak dan retribusi di bidang pariwisata, hiburan, resto, dan hotel yang harus tutup total," ujar M. Chori, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Batu kepada awak media, Kamis (2/7).

Selain tidak adanya pajak dari tempat wisata, hiburan, resto dan hotel, Pemkot Batu juga menerapkan pembebasan retribusi pasar, kebersihan, hingga pembebasan tarif retribusi PDAM.

"Dengan ditutupnya sektor pariwisata dan pembebasan beberapa retribusi tersebut, secara tak langsung membuat potensi PAD Kota Batu rendah. Kami prediksi, PAD tahun 2020 ini akan berkurang sampai 40 persen atau Rp 80,8 miliar dari target Rp 207 miliar," terang M. Chori yang juga Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu.

BACA JUGA : 

Kerja Sama di Bidang Hukum, Pemkot dan Kejari Batu Tanda Tangani Dua Perjanjian

Optimalkan Pelayanan Masyarakat, Desa Pandanrejo Kota Batu Launching Desa Digital

Dibangun Tiga Lantai, Renovasi Masjid At Taqwa Butuh Dana Rp 13 Miliar

Peringati HLH, DLH Kota Batu Gelar Rembukan dan Penandatanganan Komitmen Bersama Shining Brantas

Namun menurut Chori, penurunan target tersebut bukan jadi masalah. Yang terpenting, bagaimana Pemkot Batu menggerek dunia usaha agar kembali pulih seperti sebelumnya.

Saat ini, di masa transisi menuju new normal, pihak Diskumdag tengah melakukan kajian. Misalnya dengan melihat apakah ada kenaikan tren penjualan di pasar ketika hotel dan tempat wisata mulai dibuka.

Sementara itu, Wali Kota Batu Hj. Dra. Dewanti Rumpoko meminta agar sisa anggaran untuk penanganan Covid-19 bisa dimanfaatkan sebagai stimulus pemulihan ekonomi bagi yang terdampak Covid-19.

"Nanti sisa anggaran Covid-19 seperti sisa anggaran jaring pengaman sosial (JPS) di Dinsos sudah bisa digunakan untuk recovery ekonomi. Begitu juga di dinas lainnya," ujar Dewanti.

Menurutnya, recovery ekonomi itu nantinya bisa berupa permodalan atau fasilitas lainnya melalui program SKPD masing-masing.

"Misalnya Diskumdag untuk pemulihan di bidang perdagangan dan Dinas Pertanian dengan pemberian bantuan bibit atau lainnya untuk petani yang terdampak," pungkasnya. (asa/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...