Jumat, 14 Agustus 2020 17:22

Sebelas Pasien Covid-19 Sembuh, Harapan Kota Kediri Jadi Zona Hijau

Sabtu, 27 Juni 2020 20:12 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Sebelas Pasien Covid-19 Sembuh, Harapan Kota Kediri Jadi Zona Hijau
Kasih, salah satu pasien positif Covid-19 di Kota Kediri yang dinyatakan sembuh.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengumumkan adanya tambahan 11 pasien Covid-19 di Kota Kediri yang sembuh, setelah dirawat di RSUD Gambiran dan RS Kilisuci, rumah sakit khusus penanganan Covid-19. Kesembuhan pasien ini menjadi harapan untuk Kota Kediri agar menjadi zona hijau.

“Kabar gembira ini saya sampaikan agar masyarakat tetap waspada dan kita bersama-sama menjadikan Kota Kediri menjadi zona hijau,” kata Wali Kota Kediri, Sabtu (27/6). Harapan tersebut didukung oleh angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Kediri. Tingkat kesembuhan pasien mencapai 56 persen per tanggal (27/6).

Salah satu pasien sembuh tersebut berasal dari Desa Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Perempuan ini sebut saja Kasih (62 tahun), merupakan klaster dari pabrik rokok Tulungagung. Ia merupakan pasien OTG (Orang Tanpa Gejala).

“Saya dibawa ke Puskesmas Ngletih bersama 5 teman saya. Selama 3 minggu, saya dirawat di Puskesmas Ngletih,” kata Kasih, Sabtu (27/06).

Harusnya Kasih bisa mengisolasi diri di rumah. Namun, karena rumahnya tidak memungkinkan untuk melakukan isolasi diri, maka Pemkot Kediri memberikan ruang inap di Puskesmas Ngletih sambil menunggu pemeriksaan selanjutnya. Setelah dari Puskesmas Ngletih, Kasih dipindahkan ke RS Kilisuci. Sehari di RS Kilisuci, ia dipindahkan ke RSUD Gambiran.

Selama dua minggu, Kasih dirawat di RSUD Gambiran dengan keluhan tenggorokan sakit. Selama 2 minggu dirawat di RS Gambiran, ternyata cucu Kasih, seorang anak SMP Kelas 8 pun positif dengan tanpa gejala (OTG). Akhirnya cucu Kasih dirawat di RS Kilisuci. Setelah dua minggu di RSUD Gambiran, Kasih dinyatakan negatif terhadap Covid-19 dan akhirnya pulang ke rumah.

Hingga berita ini ditulis, Kasih sudah 2 minggu di rumah dan sudah sehat. Meski begitu, kondisinya tetap dipantau oleh tim medis. Menurut pengakuannya, ia masih rutih mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. “Dua minggu sekali saya cek kesehatan di RSUD Gambiran,” ujar Kasih.

Di sisi lain, masyarakat Tempurejo bisa menerima kembali pasien yang sudah sembuh, tanpa ada stigma negatif. “Masyarakat sekitar tidak masalah dengan keberadaan pasien, karena tahu memang sudah sembuh,” kata Moch. Ali Faizin, Ketua RT 11/RW 04, tempat Kasih tinggal. Meski Kasih belum berinteraksi dan masih tinggal di rumah sejak ia dinyatakan sembuh.

Bukti masyarakat menerima, mereka tetap beraktivitas seperti biasa di sekitar rumah Kasih, termasuk mengambil bansos di e-Warong yang letaknya hanya 15 meter dari rumah Kasih. (uji/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...