Selasa, 01 Desember 2020 11:57

Kampung Tangguh Semeru di Senori Siap 100 Persen

Sabtu, 30 Mei 2020 22:24 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Suwandi
Kampung Tangguh Semeru di Senori Siap 100 Persen
Simulasi pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kampung Tangguh Semeru (KTS) yang digagas oleh Kapolda Jatim ternyata sudah sampai jajaran tingkat bawah.

Terbaru, Dusun Kedungkebo, Desa Rayung, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban sudah membentuk KTS, Sabtu (30/5). Kampung Tangguh di kawasan Tuban Selatan ini agak berbeda dengan desa lainnya. Pasalnya, di kampung tersebut masyarakat sudah menyiapkan segalanya.

Termasuk, kebutuhan pembuatan Posko Kampung Tangguh, Lumbung Pangan, Rumah Isolasi untuk laki-laki dan wanita, serta Pusat Informasi KTS.

Kapolsek Senori, AKP Musa Bahktira mengatakan, selain menyiapkan berbagai fasilitas, para relawan yang bertugas di KTS telah dilatih kusus. Terutama, untuk menangani setiap permasalahan yang berhubungan dengan penanganan Covid-19.

"Kampung tangguh ini dibentuk agar bisa mengatasi dampak Covid-19. Terutama dalam mengatasi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya di masyarakat," papar Musa sapaan akrabnya.

Musa menambahkan, KTS merupakan pilot project kolaboratif dengan stakeholder yang berupa gerakan atau aksi nyata. Terlebih, di daerah yang ditunjuk karena terindikasi penyebaran Covid-19, serta menitik beratkan keterlibatan elemen masyarakat yang aktif secara personal maupun kelompok.

"Ya tujuannya untuk memutus atau mengurangi atau meredam mata rantai penyebaran Covid-19 di teritori tertentu," harapnya.

Ia berharap, adanya gerakan ini dapat menimbulkan kesadaran dan semangat masyarakat agar waspada terhadap penyebaran Covid-19. Selain itu, bisa membangun solidaritas, kemampuan dan kemandirian dalam rangka meminimalisir dampak sosial, ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Tadi para relawan juga melakukan simulasi prosedur protokol kesehatan terhadap warga pendatang maupun penjemputan warga yang terindikasi Covid-19. Jadi ini merupakan aksi nyata untuk menangani Covid-19 di bumi wali," paparnya.

Sementara itu, dalam simulasi itu disaksikan secara langsung oleh Ketua DPRD Tuban H. Miyadi, Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, Dandim 018 Tuban Letkol Filiala Romadhon, dan Forpimcam Senori.

Para relawan yang telah dilatih kusus tersebut memperagakan cara memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan lalu lintas dengan prosedur penanganan pasien Covid-19. Kegiatan simulasi diakhiri dengan tatacara pemulasaraan jenazah sesuai dengan prosedur penanganan jenazah pasien Covid-19.

"Semoga keberadaan Kampung Tangguh Semeru ini bisa berperan penting untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19, serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul," tutupnya. (wan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...