Senin, 28 September 2020 05:05

Awas! Pasien Positif Corona di Tuban Banyak Berasal dari Klaster Pasar

Senin, 25 Mei 2020 22:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
Awas! Pasien Positif Corona di Tuban Banyak Berasal dari Klaster Pasar
Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban per 25 Mei 2020.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Tuban sebaiknya perlu meningkatkan kewaspadaannya terhadap pandemi virus Corona. Pasalnya, saat ini banyak pasien yang terkonfirmasi virus Corona berasal dari klaster pasar.

"Pasien positif Corona secara kumulatif ada 40 pasien. Dan mayoritas dari klaster pasar," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, S.T., M.Kes. saat dikonfirmasi, Senin (25/5).

Kata dia, per tanggal 25 Mei 2020 ada penambahan 20 pasien positif Corona dan mayoritas dari klaster pasar. Mereka yang positif berasal dari klaster Pasar Banjarejo, Kabupaten Bojonegoro, Pasar Bongkaran Baru Tuban, klaster Pasar Babat Kabupaten Lamongan, serta terakhir ada penambahan dari klaster Tambakboyo.

Penambahan 20 pasien terkonfirmasi positif itu sesuai hasil tes swab yang dikeluarkan oleh Institute of Tropical Desease Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya.

"Jika dirinci, dari klaster Banjarejo adalah tiga laki-laki dan dua perempuan asal Kecamatan Soko dan satu laki-laki asal Kecamatan Senori," tambah Endah, sapaan akrabnya.

Dari klaster Pasar Bongkaran Baru Tuban terdapat 1 perempuan asal Kecamatan Plumpang, 1 perempuan asal Kecamatan Semanding, dan 1 perempuan asal Kecamatan Merakurak.

Sedangkan, klaster Tambakboyo yaitu 2 perempuan asal Kecamatan Jenu, 1 perempuan asal Kecamatan Kerek, dan 1 bayi.

Selain itu, ada perempuan asal Plumpang masuk dalam klaster Pasar Babat, laki-laki asal Kecamatan Merakurak, perempuan asal Kecamatan Palang, perempuan asal Kecamatan Semanding, 1 bayi dan 2 laki-laki asal Kecamatan Tuban.

"Adanya jumlah pasien yang terus meningkat, kami mengajak semua masyarakat untuk semakin meningkatkan kewaspadaan," pesannya.

Sekdinkes ini juga mengajak masyarakat agar tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang sangat penting. Namun jika tetap harus berkegiatan di luar rumah, harus tetap menerapkan physical distancing, menghindari berhadapan. Jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain dan disiplin menggunakan masker.

"Dan jangan lupa selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin," ajaknya.

Sementara itu, berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tanggal 25 Mei 2020 hingga pukul 18.00 WIB, jumlah kumulatif ODP sebanyak 626 orang dengan keterangan sebanyak 496 orang selesai pemantauan, dan 130 orang masih dalam pemantauan. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 57 orang. 

Dari jumlah tersebut, tercatat 26 orang sembuh, 12 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 19 orang.

Untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 40 orang, terdiri dari 4 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 34 orang dalam perawatan. (gun/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...