PSBB Jilid II di Sidoarjo, Warga Keluar Rumah Wajib Bawa Surat Jalan RT-RW

PSBB Jilid II di Sidoarjo, Warga Keluar Rumah Wajib Bawa Surat Jalan RT-RW PAPARAN: Wabup Nur Ahmad (tengah) menjelaskan soal PSBB jilid dua, di Pendapa Delta Wibawa, Kamis (14/5). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah aturan baru diterapkan dalam pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid dua di Kabupaten , yang berlaku mulai 12 hingga 25 Mei 2020. Salah satunya, warga yang terpaksa keluar rumah hingga harus melewati chek point PSBB, wajib membawa surat jalan dari RT-RW setempat.

Warga dimaksud yakni warga di luar petugas keamanan, tenaga medis, hingga pekerja yang berangkat dan pulang kerja, serta golongan pengecualian lainnya. Diketahui, PSBB diterapkan sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 atau virus Corona.

Aturan soal surat jalan dari RT-RW ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten , Nur Ahmad Syaifuddin, di Pendapa Delta Wibawa, Kamis (14/5) sore.

"Surat jalan ini digunakan jika masyarakat akan menemui check point atau posko relawan Covid-19. Biar masyarakat yang punya kepentingan urgen tidak dapat kesulitan dalam perjalanannya," cetus Nur Ahmad Syaifuddin.

Nur Ahmad menjelaskan, ada sejumlah perubahan dalam perpanjangan pemberlakuan PSBB di . Pihaknya memberikan kewenangan yang cukup di tingkat desa hingga RT-RW. Jika saat PSBB pertama fokusnya di check point, 14 titik di , kini tugas dan kewenangan itu sebagian dialihkan ke desa hingga RT-RW.

Kata Plt. Bupati ini, ada posko relawan Covid-19 di desa yang bakal memiliki peran tambahan. Jika saat PSBB pertama, posko ini memfilter orang luar masuk desa, kali ini dengan kewenangan baru tersebut, bisa memfilter orang dalam yang hendak keluar dari desa.

Menurut Nur Ahmad, kewenangan tersebut diimplementasikan dengan surat jalan yang diberikan oleh RT-RW. "Ada form surat jalan, jadi bekal dan bisa memfilter masyarakat yang ingin keluar," urai Cak Nur, panggilan karib Nur Ahmad Syaifuddin.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO