Selasa, 01 Desember 2020 08:43

DPRD Kota Malang Usul Retribusi Pasar dan Tagihan Air Digratiskan

Kamis, 02 April 2020 20:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
DPRD Kota Malang Usul Retribusi Pasar dan Tagihan Air Digratiskan
I Made Riandiana Kartika, Ketua DPRD Kota Malang. foto: IWAN IRAWAN/ HARIAN BANGSA

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengusulkan pembebasan beberapa retribusi dan tagihan rekening air PDAM, khususnya bagi warga terdampak virus Corona atau Covid-19.

"Pembebasan yang kami maksud kepada Pemkot Malang, adalah membebaskan retribusi pasar dan pembebasan tagihan rekening air PDAM," kata Made kepada awak media.

Menurut Made, pembebasan retribusi tersebut perlu dilakukan karena perekonomian dan daya beli masyarakat mengalami penurunan sejak Social dan Physical Distancing diterapkan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

"Pembebasan (gratis) retribusi atau tagihan tersebut, tidak lain bertujuan untuk meringankan beban ekonomi warga yang terdampak. Mekanisme pembebasannya seperti apa, itu menjadi kewenangan pihak ekskutif untuk mengaturnya," katanya.

Made juga mengatakan bahwa pihak dewan siap menyetujui jika ada pergeseran anggaran, sekiranya pemkot membutuhkan. "Hal itu bermaksud, agar permasalahan dan keluhan masyarakat cepat tertangani dengan baik. Mengingat kebijakan pembebasan dan keringanan biaya tagihan PLN sudah di-cover oleh Pemerintah Pusat," tegasnya.

Menanggapi usulan dewan, Dirut Perumda Tugu Tirta (PDAM) Kota Malang M Nur Muhlas menyatakan siap melaksanakan seandainya memang menjadi kebijakan pemkot.

"Kami tetap mengikuti dan menjalankan sesuai aturan yang ada, atau menunggu petunjuk dari Kepala Daerah," tuturnya.

Sementara, Wali Kota Malang Sutiaji melalui Kabag Humas M Nurwidianto mengatakan, bahwa Pemkot Malang memang sudah berencana menggratiskan retribusi pasar dan retribusi rumah susun, serta pembebasan sanksi administrasi bagi wajib pajak.

"Selain itu, pemkot dalam dua bulan ke depan akan memberikan bantuan jaminan pengamanan sosial Rp 300 ribu per bulan bagi warga terdampak," katanya.

Terkait pembebasan tagihan rekening air PDAM, Nurwidianto mengatakan pihaknya masih harus membahasnya. "Eksekusi keputusannya seperti apa, masih melihat perkembangan lebih lanjut," pungkasnya. (iwa/thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Sabtu, 28 November 2020 15:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...