Sabtu, 06 Juni 2020 20:57

Gondol Motor, Polisi Gadungan Ditangkap di Jombang

Minggu, 22 Maret 2020 15:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Aan Amrulloh
Gondol Motor, Polisi Gadungan Ditangkap di Jombang
Polisi gadungan saat diamankan polisi beneran beserta barang buktinya.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Seorang pria yang mengaku sebagai anggota polisi dengan berdinas di Polda Jatim bagian Intel, diringkus anggota Unit Reserse Kriminal Polsek Ngoro, Kabupaten Jombang, lantaran telah melakukan penipuan.

Dari data yang didapat, polisi gadungan tersebut diketahui bernama Boy Misbakul Munir (36), warga Gang Berkat Bersama RT/RW 002/003 Kelurahan Pelambuhan, Kecamatan Kelayan Barat, Kabupaten Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Aksi tindak kriminal tersebut terjadi di rumah korban Ika Indah Kartika Wati (38), seorang ibu rumah tangga asal Dusun Kwaringan, Desa Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, pada Rabu 23 Oktober 2019, sekira pukul 04.30 WIB.

Kapolsek Ngoro, AKP Lely Bachtiar mengatakan, bahwa pihaknya telah mengamankan seorang pria yang mengaku sebagai anggota polisi yang telah melakukan aksi tindak kriminal penipuan terhadap korban, pada Jum’at 19 Maret 2020.

“Kami mendapat laporan dari warga (korban) bahwa telah ditipu oleh seorang pria yang mengaku sebagai anggota polisi. Setelah melakukan penyelidikan, pelaku bisa kami amankan Jum’at kemarin sekira pukul 22:30 WIB,” ucapnya.

Lely mengungkapkan, modus operandi tersangka yakni, meminjam sepeda motor Honda Beat warna putih merah dengan nopol S 4209 OB, pada korban dengan alasan akan digunakan apel. Namun setelah kembali ke rumah korban, ternyata pelaku tidak membawa sepeda motor tersebut.

“Pelaku mengatakan pada korban kalau motornya ditilang polisi Surabaya. Ia kemudian merayu korban agar menyerahkan STNK-nya, dengan dalih kalau mengambil harus ada surat kelengkapan kendaraan,” terangnya.

Melihat gelagat tersebut, lanjut Lely, korban merasa curiga sehingga tak memberikan STNK pada pelaku. Setelah ditelusuri, ternyata kecurigaan korban terbukti.

“Korban curiga sehingga STNK tidak diberikan. Ternyata, itu hanya akal cerdik pelaku untuk mendapat sepeda motor korban untuk diberikan pada istri sirinya yang berada di wilayah Nganjuk,” ungkapnya.

Dari hasil penyidikan yang dilakukan polisi, pelaku tidak bisa menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebagai polisi, serta tidak terdaftar di Kepolisian. Ia juga sudah sering kali melakukan aksi penipuan. Di antaranya dua aksi di wilayah Ngoro, Jombang, satu di Nganjuk.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini pelaku beserta barang bukti sepeda motor Honda Beat hasil kejahatannya diamankan di Mapolsek Ngoro, Jombang. Tersangka akan dijerat dengan pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP, tentang Penipuan dan atau Penggelapan. (aan/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...