Fadli Zon Tak Setuju KPK Buka Cabang di Daerah

Fadli Zon Tak Setuju KPK Buka Cabang di Daerah Fadli Zon. foto: dia-lo-gue.com

BangsaOnline.com - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon tidak setuju dengan rencana Komisi Pemberantasan Korupsi () membuka cabang di daerah karena akan membebani Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara.

"Jangan membebani APBN kita, institusi induk seperti Kepolisian dan Kejaksaan harus diperkuat," kata Fadli di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan pendapatnya itu akan dikonsultasikan ke Komisi III DPR RI yang membidangi masalah hukum termasuk . Konsultasi itu menurut dia terutama membicarakan mengenai apakah rencana itu akan membebani APBN.

"Pasti akan dibahas di Komisi III DPR RI, karena sebenarnya yang diharapkan melakukan ini (membuka cabang di daerah) adalah institusi induknya," ujarnya.

Fadli meminta lebih baik yang diperkuat adalah institusi kepolisian dan kejaksaan di daerah. Menurut dia pembentukan sifatnya hanya sementara, artinya jika korupsi telah musnah di Indonesia peran tidak akan dibutuhkan lagi.

Menurut dia apabila kinerja Kepolisian kurang bagus maka seharusnya institusi itu diperbaiki sehingga tidak perlu membuka cabang di daerah. Dia mengatakan saat ini sudah cukup kuat dan antara "input" serta "output" lembaga itu belum sejalan yaitu sejauhmana lembaga itu menekan jumlah kerugian negara.

"Kita jangan berpikir apabila kinerja jelek, lalu kita membuat lembaga pengawas lagi," ujarnya.

Dia mengatakan Kepolisian dan Kejaksaan Agung harus diperkuat di daerah sehingga kewenangan dua institusi hukum tersebut tidak hilang. Sebelumnya Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad menyatakan berniat membuka kantor cabang di tiga daerah Indonesia. Ketiga daerah itu menurut dia yakni zona barat, tengah, dan timur.

Sumber: republika.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO