Tengah Malam, Gubernur Khofifah Meninjau Langsung Proses Normalisasi Kali Butung

Tengah Malam, Gubernur Khofifah Meninjau Langsung Proses Normalisasi Kali Butung Gubernur Khofifah saat melakukan bersih-bersih Kali Butung, Kec. Waru, Kab. Sidoarjo, Selasa (21/1) malam.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kerja keras dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan berkualitas, serta tidak kenal waktu terus dilakukan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Kali ini, didampingi Kol. (Mar) Citro; Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kepala BPBD Prov. Jatim Subhan Wahyudiono, Gubernur Khofifah melakukan bersih-bersih Kali Butung, Kec. Waru, Kab. Sidoarjo, Selasa (21/1) malam.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya Pemprov Jatim dalam menormalisasi sungai di Jatim. Langkah tersebut dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar peka terhadap pentingnya kebersihan sungai bagi kesehatan dan keselamatan.

”Dengan membersihkan kali, secara tidak langsung mencegah kemungkinan meluapnya air ketika intensitas hujan tinggi,” ujar Gubernur Khofifah.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah sapaan akrabnya meminta kepada Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin untuk merapikan daerah bantaran sungai di wilayahnya. Sebagai contoh, di Kali Butung tidak ditemui bantaran sungai. Apalagi keberadaannya berbatasan langsung dengan pemukiman warga. Apabila hal seperti tersebut dibiarkan, maka saat dilakukan normalisasi akan mengalami kesulitan.

“Oleh sebab itu, bantaran sungai harus segera dirapikan,” pintanya.

Gubernur Khofifah mengimbau agar dilakukan langkah preventif yaitu mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai. Masyarakat juga diajak untuk menjadikan sungai menjadi beranda depan rumah. Sehingga, dengan menjadikan sungai sebagai beranda depan rumah, maka masyarakat akan berusaha untuk terus menjaga kebersihannya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO