Pipa PDAM Jebol, Ribuan Warga Krisis Air Bersih

Pipa PDAM Jebol, Ribuan Warga Krisis Air Bersih Air dari pipa jaringan PDAM yang tiba-tiba jebol akibat tekanan tinggi.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Warga di Perum Bintang Terang Utama (BTU) kawasan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota , selama lima hari ini krisis air bersih. Pasokan air mereka mampet karena jaringan pipa PDAM untuk menyuplai air kepada pelanggan mengalami kebocoran.

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, warga harus bergantung pada suplai air bersih yang dikirim melalui truk tangkidan jadwal tak bisa ditentukan. Pun, untuk mendapatkan air itu harus mengantre karena banyak warga yang mengalami nasib serupa.

“Ini sudah hari kelima dan hampir seluruh warga yang tinggal di perumahan ini (BTU) kesulitan mendapatkan air. Karena suplai air PDAM mampet,” ujarAvirista, salah satu warga perumahan BTU kepada wartawan, Rabu (15/01/2020).

Ia mengungkapkan, bahwa warga yang tinggal di blok lain yang rumahnya lebih tinggi justru bernasib lebih parah. Sebab, mereka belum pernah dikirimi air. “Disini, ada banyak blok hunian warga. Mayoritas semua kesulitan air karena bergantung pada PDAM. Yang berada di wilayah atas justru tak pernah menerima pengiriman air sampai hari ini,” terang wanita yang tinggal di Blok UJ 19 ini.

“Dalam satu bulan terakhir ini, sudah tidak mengalir 3 kali. Sebagai pelanggan, kami ingin mendapatkan layanan terbaik, terlebih kita sudah memenuhi kewajiban untuk membayar tagihan tepat waktu,” keluhnya.

Diketahui, kebocoran pipa PDAM awalnya terjadi di Jalan Raya Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten , 10 Januari 2020 lalu. Belum selesai diperbaiki, kembali muncul titik kebocoran baru yakni di wilayah Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten , pada 13 Januari 2020.

Hari ini, kebocoran yang sama muncul di radius 500 meter dari titik kebocoran awal, yang masih di wilayah Pulungdowo. Kebocoran disebut-sebut dikarenakan tekanan air hingga menyebabkan pipa jaringan berdiameter 500 mm tersebut jebol.Jaringan pipa yang jebol merupakan infrastruktur utama suplai air dari Sumber Pitu di Kecamatan Tumpang, menuju tandon air milik Perumda Tugu Tirta yang berada di wilayah Buring, Kota . Air dari tandon Buring itulah yang kemudian dipasok untuk memenuhi kebutuhan warga. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO