Senin, 21 September 2020 03:26

Terbaik Nasional, Pemkab Gresik Raih 8 Adiwiyata 2019

Selasa, 17 Desember 2019 17:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Terbaik Nasional, Pemkab Gresik Raih 8 Adiwiyata 2019
Wabup Moh. Qosim bersama kepala sekolah penerima Adiwiyata. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik memborong 8 supremasi anugerah Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2019. Anugerah tersebut masing-masing berupa 5 piala Adiwiyata Mandiri Nasional dan 3 penghargaan Adiwiyata Nasional.

Lima sekolah penerima piala Adiwiyata Mandiri yaitu UPT SDN 14 Gresik (SDN Tlogopatut 2), MI NU Assa’adah Bungah, UPT SMPN 20 Gresik (SMPN Kebomas 1), MTsN Gresik, dan UPT SMAN 1 Gresik.

Sementara tiga sekolah penerima penghargaan Adiwiyata Nasional yaitu UPT SDN 30 Gresik (SDN 4 Randuagung), UPT SMPN 13 Gresik (SMPN Ujungpangkah), dan UPT SMPN 2 Gresik.

Para kepala sekolah tersebut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Moh. Najikh bertemu Wabup Moh. Qosim di kantor Bupati Gresik, Selasa (17/12).

Wabup menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada Kepala DLH dan para Kepala Sekolah yang telah berjasa, sehingga meraih piala dan penghargaan adiwiyata tahun 2019. 

"Semoga sekolah yang sudah menerima piala Adiwiyata Mandiri dapat menduplikasikan kepada sekolah lain. Juga kepada sekolah yang saat ini menerima penghargaan Adiwiyata dapat mempertahankan sehingga tahun depan bisa juga meraih piala Adiwiyata Mandiri," pesannya, didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Reza Pahlevi.

Dia berharap ke depan semakin banyak sekolah Adiwiyata di Gresik. Bahkan kalau mungkin semua sekolah di Gresik menjadi sekolah Adiwiyata. 

"Sejatinya sekolah yang berbasis lingkungan sehat adalah sekolah yang sesuai keinginan yang disampaikan presiden. Menurut saya, sekolah dengan wawasan lingkungan akan membentuk karakter pada murid dimasa depan, sesuai keinginan presiden," jelasnya.

Kepala DLH Moh. Najikh menyampaikan bahwa pada Jum’at pekan lalu, delapan kepala sekolah penerima Piala Adiwiyata Mandiri dan penghargaan Adiwiyata Nasional di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti Jakarta.

Penyerahan piala dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pendidikan Nasional.

Najikh menyampaikan bahwa pihaknya aktif memberikan pendampingan dan pembinaan kepada sekolah-seluruh sekolah dengan memotivasi sekolah untuk menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan. 

"Saya banyak memberikan bantuan baik bantuan pembinaan maupun pemberian alat serta membangun sarana prasarana di sekolah yang bertujuan agar sekolah bisa mendukung program kami untuk menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan," jelasnya.

Saat ini, tambah Najikh, Pemkab Gresik sudah mengkoleksi 29 piala Adiwiyata Mandiri yang diperoleh 29 sekolah se-Kabupaten Gresik. 

"Hampir setiap tahun kami menerima piala Adiwiyata, dan saat ini tahun 2019 kami menerima piala Adiwiyata Mandiri terbanyak se Indonesia dibanding Pemkab/Pemkot lain," pungkasnya. (hud/ian)     

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...