Wabup Nur Ahmad Minta Industri di Sidoarjo Jaga Keseimbangan Lingkungan

Wabup Nur Ahmad Minta Industri di Sidoarjo Jaga Keseimbangan Lingkungan PAPARAN: Wabup Nur Ahmad saat membuka sosialisasi Sidoarjo Green Industry, Senin (2/12). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin meminta industri di Sidoarjo untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Wabup menilai perusahaan harus tetap berkembang. Namun, sekitar industri juga harus tetap terjaga keseimbangan lingkungannya.

"Semua pihak harus menyamakan persepsinya dengan para pengusaha (pemilik industri). Jadi Sistem Kinerja Pengelola Lingkungan (SKPL) harus tetap terjaga keseimbangannya," cetusnya, saat Sosialisasi Sidoarjo Green Industry yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, di Hotel Luminor, Senin (2/12).

Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur ini memaparkan, dalam hidup ada dua persoalan yang harus dipecahkan. Baginya dalam memecah kebutuhan dan persoalan hidup harus ada industri untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Namun, di sisi lainnya industri memiliki kewajiban untuk menjaga lingkunganya agar tidak ada kerusakan.

"Keduanya itu harus berjalan beriringan dan seimbang. Industri tetap berjalan tapi masalah lingkungan jangan sampai ditinggalkan. Karena menjaga lingkungan itu menjadi masalah utama agar tidak mewariskan ke generasi penerus soal kerusakan lingkungan," bebernya.

Kendati demikian, Cak Nur berharap adanya belasan ribu industri yang ada di Sidoarjo tidak merusak lingkungan. Hal ini agar proses industrialisasi di Sidoarjo tetap berkembangan, tanpa memicu kerusakan lingkungan.

"Intinya keseimbangan lingkungan harus tetap terjaga. Karena itu pengawasan SKPL tetap dijalankan pemerintah daerah mulai kabupaten/kota, propinsi hingga pemerintah pusat. Karena kewenangannya berbeda-beda tapi tujuannya sama," tegasnya.

Meski demikian, kata wabup, pemerintah harus memastikan jika semua industri harus dikelola dengan baik. Karenanya, industri tetap berkembangan untuk kelangsungan hidup masyarakat. Akan tetapi lingkungan hidup harus tetap terjaga dan asri.

"Jadi keseimbangan industri dan lingkungan tetap harus dijaga semua pihak agar semua berjalan seimbang," tandas wabup yang juga politisi PKB Sidoarjo ini. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO