Rabu, 22 Januari 2020 03:07

Wabup Nur Ahmad Minta Industri di Sidoarjo Jaga Keseimbangan Lingkungan

Senin, 02 Desember 2019 22:41 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Wabup Nur Ahmad Minta Industri di Sidoarjo Jaga Keseimbangan Lingkungan
PAPARAN: Wabup Nur Ahmad saat membuka sosialisasi Sidoarjo Green Industry, Senin (2/12). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin meminta industri di Sidoarjo untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Wabup menilai perusahaan harus tetap berkembang. Namun, sekitar industri juga harus tetap terjaga keseimbangan lingkungannya.

"Semua pihak harus menyamakan persepsinya dengan para pengusaha (pemilik industri). Jadi Sistem Kinerja Pengelola Lingkungan (SKPL) harus tetap terjaga keseimbangannya," cetusnya, saat Sosialisasi Sidoarjo Green Industry yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, di Hotel Luminor, Senin (2/12).

Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur ini memaparkan, dalam hidup ada dua persoalan yang harus dipecahkan. Baginya dalam memecah kebutuhan dan persoalan hidup harus ada industri untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Namun, di sisi lainnya industri memiliki kewajiban untuk menjaga lingkunganya agar tidak ada kerusakan.

"Keduanya itu harus berjalan beriringan dan seimbang. Industri tetap berjalan tapi masalah lingkungan jangan sampai ditinggalkan. Karena menjaga lingkungan itu menjadi masalah utama agar tidak mewariskan ke generasi penerus soal kerusakan lingkungan," bebernya.

Kendati demikian, Cak Nur berharap adanya belasan ribu industri yang ada di Sidoarjo tidak merusak lingkungan. Hal ini agar proses industrialisasi di Sidoarjo tetap berkembangan, tanpa memicu kerusakan lingkungan.

"Intinya keseimbangan lingkungan harus tetap terjaga. Karena itu pengawasan SKPL tetap dijalankan pemerintah daerah mulai kabupaten/kota, propinsi hingga pemerintah pusat. Karena kewenangannya berbeda-beda tapi tujuannya sama," tegasnya.

Meski demikian, kata wabup, pemerintah harus memastikan jika semua industri harus dikelola dengan baik. Karenanya, industri tetap berkembangan untuk kelangsungan hidup masyarakat. Akan tetapi lingkungan hidup harus tetap terjaga dan asri.

"Jadi keseimbangan industri dan lingkungan tetap harus dijaga semua pihak agar semua berjalan seimbang," tandas wabup yang juga politisi PKB Sidoarjo ini. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...