Kamis, 06 Agustus 2020 13:56

Wabup Nur Ahmad Minta Industri di Sidoarjo Jaga Keseimbangan Lingkungan

Senin, 02 Desember 2019 22:41 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Wabup Nur Ahmad Minta Industri di Sidoarjo Jaga Keseimbangan Lingkungan
PAPARAN: Wabup Nur Ahmad saat membuka sosialisasi Sidoarjo Green Industry, Senin (2/12). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin meminta industri di Sidoarjo untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Wabup menilai perusahaan harus tetap berkembang. Namun, sekitar industri juga harus tetap terjaga keseimbangan lingkungannya.

"Semua pihak harus menyamakan persepsinya dengan para pengusaha (pemilik industri). Jadi Sistem Kinerja Pengelola Lingkungan (SKPL) harus tetap terjaga keseimbangannya," cetusnya, saat Sosialisasi Sidoarjo Green Industry yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, di Hotel Luminor, Senin (2/12).

Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur ini memaparkan, dalam hidup ada dua persoalan yang harus dipecahkan. Baginya dalam memecah kebutuhan dan persoalan hidup harus ada industri untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

Namun, di sisi lainnya industri memiliki kewajiban untuk menjaga lingkunganya agar tidak ada kerusakan.

"Keduanya itu harus berjalan beriringan dan seimbang. Industri tetap berjalan tapi masalah lingkungan jangan sampai ditinggalkan. Karena menjaga lingkungan itu menjadi masalah utama agar tidak mewariskan ke generasi penerus soal kerusakan lingkungan," bebernya.

Kendati demikian, Cak Nur berharap adanya belasan ribu industri yang ada di Sidoarjo tidak merusak lingkungan. Hal ini agar proses industrialisasi di Sidoarjo tetap berkembangan, tanpa memicu kerusakan lingkungan.

"Intinya keseimbangan lingkungan harus tetap terjaga. Karena itu pengawasan SKPL tetap dijalankan pemerintah daerah mulai kabupaten/kota, propinsi hingga pemerintah pusat. Karena kewenangannya berbeda-beda tapi tujuannya sama," tegasnya.

Meski demikian, kata wabup, pemerintah harus memastikan jika semua industri harus dikelola dengan baik. Karenanya, industri tetap berkembangan untuk kelangsungan hidup masyarakat. Akan tetapi lingkungan hidup harus tetap terjaga dan asri.

"Jadi keseimbangan industri dan lingkungan tetap harus dijaga semua pihak agar semua berjalan seimbang," tandas wabup yang juga politisi PKB Sidoarjo ini. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...