Latma New Horizon 2019 Resmi Berakhir

Latma New Horizon 2019 Resmi Berakhir

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Latihan bersama (Latma) antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Australia, Royal Australian Navy (RAN), telah berakhir. 

Latihan yang diberi nama Latma New Horizon 2019, ditandai dengan penutupan di Lounge Room HMAS Arunta yang sandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Minggu (24/11) sore.

Penutupan latihan bersama ini dipimpin oleh Komandan KRI Oswald Siahaan-354 Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto selaku Komandan Satgas Latma New Horizon 2019.

Latma New Horizon 2019 telah menyelesaikan seluruh tahapan latihan puncak berupa manuver lapangan yang dilaksanakan di sekitar perairan Laut Jawa pada tanggal 21 hingga 24 November 2019.

Dalam latihan puncak tersebut menurut Dansatgas Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto, salah satu materi penting yang dilaksanakan adalah penegakan hukum di laut, di mana dalam serial ini sebuah kapal perang Australia (HMAS) akan memeriksa sebuah KRI, kemudian secara bergantian sebuah KRI akan memeriksa sebuah HMAS. Hukum yang diterapkan dalam tahap ini adalah Hukum Laut Internasional UNCLOS 82.

Selain itu, juga dilaksanakan latihan menembak meriam, teknik pengisian ulang bahan bakar antar dua kapal perang yang tengah berada di laut (Replenishment At Sea), latihan komunikasi melalui radio dan lainnya.

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO