Jumat, 28 Februari 2020 04:13

Latma New Horizon 2019 Resmi Berakhir

Senin, 25 November 2019 18:56 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
Latma New Horizon 2019 Resmi Berakhir

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Latihan bersama (Latma) antara TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Australia, Royal Australian Navy (RAN), telah berakhir. 

Latihan yang diberi nama Latma New Horizon 2019, ditandai dengan penutupan di Lounge Room HMAS Arunta yang sandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Minggu (24/11) sore.

Penutupan latihan bersama ini dipimpin oleh Komandan KRI Oswald Siahaan-354 Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto selaku Komandan Satgas Latma New Horizon 2019.

Latma New Horizon 2019 telah menyelesaikan seluruh tahapan latihan puncak berupa manuver lapangan yang dilaksanakan di sekitar perairan Laut Jawa pada tanggal 21 hingga 24 November 2019.

Dalam latihan puncak tersebut menurut Dansatgas Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto, salah satu materi penting yang dilaksanakan adalah penegakan hukum di laut, di mana dalam serial ini sebuah kapal perang Australia (HMAS) akan memeriksa sebuah KRI, kemudian secara bergantian sebuah KRI akan memeriksa sebuah HMAS. Hukum yang diterapkan dalam tahap ini adalah Hukum Laut Internasional UNCLOS 82.

Selain itu, juga dilaksanakan latihan menembak meriam, teknik pengisian ulang bahan bakar antar dua kapal perang yang tengah berada di laut (Replenishment At Sea), latihan komunikasi melalui radio dan lainnya.

Hendro juga menambahkan, dalam latihan ini TNI AL mengerahkan KRI Oswald Siahaan-354, KRI Fatahillah-361, 1 (satu) Tim Komando Latihan Koarmada II, Tim Diskes Koarmada II dan 1 pesawat udara CN-235 (MPA). Sedangkan RAN mengerahkan HMAS Arunta dan HMAS Sirius.

Sementara itu dalam Tahap Pengakhiran yakni diskusi antar delegasi, masing-masing delegasi mengucapkan selamat atas terselenggaranya latihan dengan baik aman dan lancar juga zero accident alias personel dan matarial dalam keadaan aman dan selamat.

“Latihan bersama ini didasari rasa saling memahami, saling menghormati, dan bermanfaat untuk kedua negara, Indonesia-Australia. Latihan ini juga memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama dan interoperability sesama angkatan laut,” terang Dansatgas Kolonel Laut (P) Hendro Sugiharto dalam sambutan penutupnya.

Pertukaran plakat dan suvenir serta foto bersama menandai berakhirnya Latma New Horizon 2019 antara TNI AL dengan Royal Australian Navy, yang dilaksanakan dari tanggal 19 hingga 24 November 2019 ini.

Tampak hadir pada penutupan Latihan tersebut Komandan KRI Fatahillah-361 Letkol Laut (P) Agus Setyawan, Ketua Delegasi RAN Commander Nick Doyle, Komandan HMAS Arunta Commander Troy Duggan dan Komandan HMAS Sirius Commander Melanie Verho serta seluruh perwira peserta latihan. (dev/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 24 Februari 2020 14:06 WIB
Oleh : Firman Syah Ali*Pertama Kali saya berjumpa Habib Ahmad Bin Ismail Alaydrus pada tahun 2016 lalu di Majelis Ratib beliau di Kawasan Tapos Bogor. Waktu itu saya hadir Maulid Akbar diajak oleh kakak ipar beliau, Habib Usman Arsal Alhabsyi Jakarta...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...