Sabtu, 19 Oktober 2019 07:26

​Pemprov Jatim Dorong Peningkatan Investasi

Kamis, 12 September 2019 23:40 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Pemprov Jatim Dorong Peningkatan Investasi
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat menjadi pembicara Seminar Nasional ‘Gaining Momentum Amidst The Stable Outlook’ di Grand City Convex Surabaya, Kamis (12/9). foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jawa Timur terus mengembangkan berbagai sektor pembangunan untuk mendorong investasi di Jatim. Pengembangan tersebut berupa pembangunan konektivitas atau infrastruktur di kawasan utama (ring 1) dan wilayah lain agar berpeluang bagi dunia usaha dan dunia industri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat menjadi pembicara Seminar Nasional ‘Gaining Momentum Amidst The Stable Outlook’ di Grand City Convex Surabaya, Kamis (12/9).

Wagub Emil mengatakan, pengembangan kawasan ring 1 seperti di Kab. Gresik, Kab. Bangkalan, Kab. Mojokerto, Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo dan Kab. Lamongan dengan istilah Gerbangkertosusilo dilakukan dengan cara pemantapan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Lalu di luar kawasan ring 1, Pemprov Jatim akan terus mengembangkan konektivitas antara satu daerah dengan daerah lain, salah satunya dengan infrastruktur jalan tol.

“Jatim ini benar-benar dikembangkan dari segala penjuru, baik di kawasan ring 1 yang sudah tumbuh sampai dengan daerah di luar ring 1,” katanya.

Dirinya menjelaskan, realisasi investasi bidang usaha di Jatim dari tahun 2014 sampai dengan semester 1 tahun 2019 terdiri dari listrik, gas dan air (36,33 triliun rupiah), industri makanan dan minuman (29,38 triliun rupiah), dan industri kimia dasar, barang kimia dan farmasi (20,66 triliun rupiah). Kemudian industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik (15,99 triliun rupiah) serta transportasi, gudang dan telekomunikasi (11,58 triliun rupiah).

Selain pengembangan konektivitas antar wilayah, lanjut Emil, Jatim juga memiliki kawasan industri yang eksisting sampai dengan kawasan industri yang tengah dikembangkan.

Saat ini, penyediaan kawasan industri di Jatim sendiri totalnya mencapai 36.851,28 Ha.

Dengan rincian kawasan industri eksisting seluas 5.066,5 Ha yang diantaranya terdiri dari PT. Maspion Industrian Estate (341,5 Ha), PT. Surabaya Industrian Estate Rungkut (245 Ha) serta PT. Pasuruan Industrial Estate Rembang (563 Ha). Serta, pengembangan kawasan industri seluas 31.784,78 Ha yang tersebar di beberapa wilayah seperti Kab. Jombang, Kab. Tuban, Kab. Malang, Kab. Lamongan dan Kab. Banyuwangi.

Selain pengembangan konektivitas, infrastruktur dan kawasan industri, Pemprov Jatim juga terus memastikan proses birokrasi terutama perizinan baik di tingkat provinsi sampai dengan kab/kota dipermudah. Dan berbagai upaya ini menjadi bagian dalam mendorong investasi di Jatim agar terus meningkat.

“Intinya kami baik dari provinsi maupun kab/kota InsyaAllah semua memiliki komitmen yang sama terutama terkait pemberian kemudahan investasi di Jatim,” pungkas putra Hermanto Dardak ini. (mdr/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...