Selasa, 26 Mei 2020 02:43

​Pemprov Jatim Dorong Peningkatan Investasi

Kamis, 12 September 2019 23:40 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Pemprov Jatim Dorong Peningkatan Investasi
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat menjadi pembicara Seminar Nasional ‘Gaining Momentum Amidst The Stable Outlook’ di Grand City Convex Surabaya, Kamis (12/9). foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jawa Timur terus mengembangkan berbagai sektor pembangunan untuk mendorong investasi di Jatim. Pengembangan tersebut berupa pembangunan konektivitas atau infrastruktur di kawasan utama (ring 1) dan wilayah lain agar berpeluang bagi dunia usaha dan dunia industri.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat menjadi pembicara Seminar Nasional ‘Gaining Momentum Amidst The Stable Outlook’ di Grand City Convex Surabaya, Kamis (12/9).

Wagub Emil mengatakan, pengembangan kawasan ring 1 seperti di Kab. Gresik, Kab. Bangkalan, Kab. Mojokerto, Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo dan Kab. Lamongan dengan istilah Gerbangkertosusilo dilakukan dengan cara pemantapan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Lalu di luar kawasan ring 1, Pemprov Jatim akan terus mengembangkan konektivitas antara satu daerah dengan daerah lain, salah satunya dengan infrastruktur jalan tol.

“Jatim ini benar-benar dikembangkan dari segala penjuru, baik di kawasan ring 1 yang sudah tumbuh sampai dengan daerah di luar ring 1,” katanya.

Dirinya menjelaskan, realisasi investasi bidang usaha di Jatim dari tahun 2014 sampai dengan semester 1 tahun 2019 terdiri dari listrik, gas dan air (36,33 triliun rupiah), industri makanan dan minuman (29,38 triliun rupiah), dan industri kimia dasar, barang kimia dan farmasi (20,66 triliun rupiah). Kemudian industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik (15,99 triliun rupiah) serta transportasi, gudang dan telekomunikasi (11,58 triliun rupiah).

Selain pengembangan konektivitas antar wilayah, lanjut Emil, Jatim juga memiliki kawasan industri yang eksisting sampai dengan kawasan industri yang tengah dikembangkan.

Saat ini, penyediaan kawasan industri di Jatim sendiri totalnya mencapai 36.851,28 Ha.

Dengan rincian kawasan industri eksisting seluas 5.066,5 Ha yang diantaranya terdiri dari PT. Maspion Industrian Estate (341,5 Ha), PT. Surabaya Industrian Estate Rungkut (245 Ha) serta PT. Pasuruan Industrial Estate Rembang (563 Ha). Serta, pengembangan kawasan industri seluas 31.784,78 Ha yang tersebar di beberapa wilayah seperti Kab. Jombang, Kab. Tuban, Kab. Malang, Kab. Lamongan dan Kab. Banyuwangi.

Selain pengembangan konektivitas, infrastruktur dan kawasan industri, Pemprov Jatim juga terus memastikan proses birokrasi terutama perizinan baik di tingkat provinsi sampai dengan kab/kota dipermudah. Dan berbagai upaya ini menjadi bagian dalam mendorong investasi di Jatim agar terus meningkat.

“Intinya kami baik dari provinsi maupun kab/kota InsyaAllah semua memiliki komitmen yang sama terutama terkait pemberian kemudahan investasi di Jatim,” pungkas putra Hermanto Dardak ini. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...