Ratusan Pengungsi Asing Diserahkan ke Pemkab Sidoarjo

Ratusan Pengungsi Asing Diserahkan ke Pemkab Sidoarjo Suasana serah terima pengsungi asing dan penandatanganan berita acara oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jatim, Kepala Bakesbangpol Sidoarjo dan Karudenim Surabaya.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Ratusan pengungsi asing yang selama ini berada di Puspa Agro dan Green Bamboo diserahterimakan dari Rumah Detensi Imigrasi Surabaya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo di Aula Badan Kesatuan Bangsan dan Politik Sidoarjo, Kamis (5/9/2019).

(Penyerahan berita acara dari Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Jatim Pria Wibawa pada Kepala Bakesbangpol Sidoarjo Mulyawan)

Selama ini ada 324 pengungsi luar negeri yang ada di Puspa Agro dan 59 lainnya di Green Bamboo. Dalam serah terima tersebut dihadiri langsung Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo, Kepala Rudenim Surabaya, dan Segenap Satgas Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri di Kabupaten Sidoarjo.

“Serah terima ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri. Karudenim berharap penanganan pengungsi selanjutnya dapat dilaksanakan lebih aktif oleh setiap instansi yang terkait,”ujar Heru Hartono, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Surabaya dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Pria Wibawa menyampaikan, pengunsi merupakan tanggung jawab semua pihak mulai dari masyarakat, Pemerintah daerah kabupaten/kota, TNI/Polri, dan Lembaga terkait lainnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO