Pelajar Papua Ikut Agustusan di Mapolres Blitar Kota

Pelajar Papua Ikut Agustusan di Mapolres Blitar Kota Kapolres Blitar AKBP Adewira Negara Siregar (kanan) kalah cepat dengan pelajar asal Papua saat lomba makan kerupuk.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pelajar asal yang tengah menempuh pendidikan tingkat SMA di Kota mengikuti lomba Agustusan di Mapolres Kota. Mereka mengikuti berbagai lomba khas peringatan hari kemerdekaan seperti lomba makan kerupuk bersama Kapolres dan anggota Polres Kota, Rabu (21/8/2019).

Tidak terprovokasi konflik dan kerusuhan di dan Barat yang terjadi beberapa hari terakhir, mereka justru terlihat kompak berbaur bersama peserta lain dari SMA/SMK se Kota .

Sarce Bano, pelajar asal Jayapura mengatakan, dirinya menginginkan situasi kembali seperti semula. "Aku berharap kembali seperti semula, aman-aman aja baik-baik aja," ungkap Sarce Bano usai mengikuti lomba makan kerupuk.

Sementara Kapolres AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, pihaknya menjamin keamanan pelajar-pelajar yang tengah menempuh ilmu di Kota . Ia meminta mereka tidak khawatir dengan situasi yang berkembang saat ini.

"Kita jamin mereka aman tenang dalam menjalakan kegiatan belajar di Kota . Mereka putra terbaik yang dikirim ke Kota . Untuk itu kami menjamin mereka belajar dengan baik dan berprestasi," jelas AKBP Adewira Negara Siregar.

Trisilo Budi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Raya mengatakan di Kota ada 21 pelajar tingkat SMA yang berasal dari berbagai Kabupaten di provinsi dan Barat. Mereka bersekolah di SMA dan SMK di Kota melalui program beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM). Di Jatim ada sembilan daerah tujuan program beasiswa ADEM, salah satunya Kota .

"Untuk Kota ada 21 siswa dari dan Barat. Program ini berjalan selama empat tahun terakhir. Dan selama empat tahun ini siswa-siswi yang sedang belajar di Kota berbaur dengan warga lokal mereka berbaur. Tidak ada diskriminasi, mereka saling membantu," ungkap Trisilo. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO