Jumat, 20 September 2019 05:13

Terdiri dari 4 Elemen, Bupati Sambari Resmikan Tugu Lontar

Kamis, 08 Agustus 2019 18:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Terdiri dari 4 Elemen, Bupati Sambari Resmikan Tugu Lontar
Bupati Sambari bersama pejabat Forkompinda dan President Director PT. Smelting foto bersama dengan latar belakan Tugu Lontar. foto: SYUHUD/ BANGNSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto meresmikan Tugu Lontar di Perempatan Kebomas Gresik, Rabu (7/8), malam. Peresmian juga dihadiri Wabup Moh. Qosim beserta seluruh pejabat, Forkopimda, dan beberapa tokoh masyarakat.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan dokumen oleh Mr. Hiroshi Kondo, President Director PT. Smelting kepada Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Usai penyerahan, Bupati menyampaikan terima kasih kepada PT Smelting atas hibah pembangunan Tugu Lontar. "Saya selaku pemerintah dan mewakili masyarakat Gresik menyampaikan terima kasih kepada PT Smelting yang telah menghibahkan Tugu Lontar kepada masyarakat Gresik. Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh PT Smelting bisa diikuti oleh perusahaan lain," katanya.

Menurut Sambari, selama dirinya menjadi bupati, sudah banyak sekali monumen yang telah dibangun. Ke depan, dia akan merealisasikan untuk mengembalikan monumen gardu suling (garling). Merealisasikan monumen gajah mungkur, serta monumen perahu syahbandar.

Mr. Hiroshi Kondo yang diberi kesempatan untuk memberikan sambutan menyatakan, bahwa ini merupakan sumbangsih PT Smelting kepada masyarakat untuk mempercantik kota Gresik. "Saya berharap masyarakat ikut memiliki dan menjaga keberadaan Tugu Lontar ini agar bisa lebih bermanfaat, terutama untuk menambah keindahan kota Gresik," ujarnya.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Sutrisno menyatakan, tugu yang dibangun sejak 3 Desember 2018 lalu itu adalah hasil kerja sama antara Pemkab Gresik dengan PT Smelting. Seluruh pembiayaan dicukupi oleh PT Smelting.

"Tugu Lontar menjadi penanda semangat bersama dalam mencapai kemajuan yang terus-menerus dan memberi warna baru pada perkembangan Kota Gresik," ujar Sutrisno.

Sekadar informasi, Tugu Lontar dirancang Ir Daniel Mirmanoe Candra Sujanto. Arsitek lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini dikenal sebagai perancang Tugu Pelangi Surabaya.

Tugu Lontar atau Sculpture Lontar merupakan karya seni kontemporer yang menggabungkan dua tema dari dua kebudayaan yang berbeda, yakni Indonesia dan Jepang. Lontar adalah salah satu media tulis yang menjadi sejarah kebudayaan Indonesia yang sangat tinggi pada zamannya.

Perlu diketahui, tanaman lontar tumbuh di Gresik sampai sekarang. Sedangkan Kirigami merupakan seni memotong dan melipat yang menjadi bagian dari kebudayaan Jepang.

Ada empat elemen penting di dalam Tugu Lontar, yaitu Puncak Lontar terbuat dari kuningan berwarna emas yang melambangkan kemakmuran. Kemudian bentuk Kirigami Lontar merupakan perpaduan kerja sama harmonis Indonesia-Jepang, Bilah Metalik sebagai lambang kekuatan dan modernisasi, serta Air Terjun sebagai oase lambang kesegaran dan kemakmuran.

Filosofi Tugu Lontar adalah iron/silver plate perlambang kuatnya perindustrian di Gresik. Pebbles zen berarti membawa ketenangan, kerapian, dan kedisiplinan. Brass plate (gold) perlambang glory atau Gresik yang menuju masa keemasannya.

Bentuk kirigami lontar adalah seni Jepang yang berpadu kelokalan Gresik. Water fountain, elemen air perlambang sejarah Gresik sebagai salah satu pusat penyebaran Agama Islam yang terus mengalir bagai oase yang menyejukkan.

Peresmian tugu lontar sempat menyedot perhatian masyarakat Gresik. Dengan berjubelnya masyarakat yang ingin menyaksikan, jalan di Perempatan Kebomas ditutup total. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...