Gandeng Pertamina EP, Lapas dan KPH Tuban Kembangkan Penyulingan Minyak Kayu Putih

Gandeng Pertamina EP, Lapas dan KPH Tuban Kembangkan Penyulingan Minyak Kayu Putih General Manager (GM) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu, Agus Amperiyanto saat meresmikan penyulingan minyak kayu putih dengan menggunting pita.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kompak, KPH Tuban, dan Lapas Kelas IIB Tuban mengembangkan program Wahana Asimilasi Edukasi (WAE) guna mempersiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk kembali ke masyarakat. 

Berbagai program edukasi dikembangkan di sana, mulai budibaya lele, ternak ayam, hingga yang paling baru yakni, pengembangan tempat penyulingan minyak kayu putih dengan didukung Asset 4 Field Cepu, di WAE BKPH Merakurak, Kabupaten Tuban. Pengembangan tempat penyulingan minyak kayu putih itu diresmikan Senin (5/8) kemarin.

General Manager (GM) Asset 4 Field Cepu, Agus Amperiyanto mengatakan, pada dasarnya mendukung semua kegiatan yang memiliki dampak dan manfaat kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sangat baik, semoga bisa bermanfaat dan bekal keterampilan serta ilmu pengetahuan kepada para WBP ketika nanti kembali ke masyarakat," ujarnya.

Menurutnya, potensi pohon minyak kayu putih yang dimiliki perhutani sangat melimpah. Untuk itu diperlukan tempat penyulingan sendiri. Mengingat luasan lahan kayu putih seluas 1.500 hingga 2.000 hektar, dalam tiap hektarnya ada sekitar 3.000 pohon.

berharap dengan turut memberdayakan Narapidana, sehingga bisa mengangkat perekonomian dan mengentaskan kemiskinan, yang endingnya mengangkat mereka menjadi manusia yang bermartabat,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO