Sabtu, 24 Agustus 2019 10:39

DPRD Gresik Gelar Raker Tuntaskan Problem Pilkades Serentak

Minggu, 30 Juni 2019 15:55 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
DPRD Gresik Gelar Raker Tuntaskan Problem Pilkades Serentak
Nur Qolib

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik memutuskan menggelar rapat kerja (Raker) menyikapi persoalan yang terus bermunculan menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, 31 Juli mendatang. Raker itu digelar Senin (1/7) besok, sekira pukul 11.00 WIB dengan melibatkan pimpinan DPRD, Komisi I,

"Langkah ini kami ambil sebagai bentuk tugas dan fungsi kami sebagai lembaga pengawas yang sangat prihatin terhadap banyaknya keluhan dan kritikan terhadap sikap Pemkab Gresik dalam mempersiapkan pesta demokrasi 6 tahunan di tingkat desa ini," ujar Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib kepada BANGSAONLINE.com, Ahad (30/6).

Menurut Nur Qolib, DPRD sejatinya sudah mengingatkan pemkab akan kemungkinan sejumlah masalah yang terjadi menjelang pilkades. Di antaranya, terkait belum cairnya bantuan keuangan khusus (BKK) dari APBD 2019 untuk pembiayaan Pilkades.

Sekadar diketahui, untuk menyukseskan Pilkades serentak kali ini, Badan Anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran (Timang) Pemkab Gresik mengalokasikan APBD 2019 melalui bantuan keuangan khusus (BKK) sebesar Rp 19,1 miliar.  Anggaran sebesar itu, Rp 18,2 miliar dialokasikan untuk membiayai pilkades serentak di 256 desa. Sedangkan Rp 700 juta untuk biaya pengamanan dari Polres Gresik dan Rp 200 juta untuk Kodim 0817.

Namun, dana Rp 18,2 miliar itu hingga kini sekarang belum juga cair. Padahal, pelaksanaan tahapan Pilkades serentak sudah berjalan.

"Semua panitia pilkades di 265 desa berdasarkan laporan yang masuk ke kami terpaksa cari dana talangan atau terpaksa hutang untuk pendanaan. Ini kan sebuah ironi, seoalah-olah Pemkab Gresik kehabisan anggaran," cetus Bupati Desa Mandiri ini.

Problem lain, kata Nur Qolib, banyaknya isu money politics yang telah dan akan dilakukan oleh sejumlah oknum calon kepala desa (cakades) untuk meraih kemenangan. "Sehingga, pesta demokrasi di tingkat desa yang diharapkan bisa jujur dan adil, dan bisa mendapatkan pemimpin pemerintahan desa (pemdes) yang mumpuni sulit untuk diwujudkan," paparnya.

Lebih lanjut, Nur Qolib mengungkapkan, dalam raker besok DPRD juga mengundang seluruh panitia pilkades, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), BPPKAD, Inspektorat, Kesbangpol, Satpol PP, Bagian Hukum, Camat, Aparat Penegak Hukum (APH) mulai Polres, Kejaksaan Negeri, Kodim 0817, Pengadilan Negeri (PN), dan Asosiasi Kepala Desa (AKD).

"Mereka semua adalah lembaga yang terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak. Makanya, kami undang semua untuk mencari solusi terbaik dalam menuntaskan persoalan jelang pilkades serentak demi mewujudkan pesta demokrasi yang baik," urai politikus PPP ini.

Nur Qolib berharap peran Bupati Sambari Halim Radianto dalam menuntaskan masalah yang muncul demi suksesnya pelaksanaan pilkades serentak. "Sebab, bupati selain sebagai kepala pemerintah, ia juga yang mengeluarkan surat keputusan (SK) Bupati Nomor 141/648/HK/437.12/2019 tentang pelaksanaan pemungutan suara Pilkades bergelombang 2019," tuturnya.

Adapun Pilkades serentak tahun ini diikuti 256 desa di 18 kecamatan. Rinciannya, Kecamatan Gresik 3 desa, Kebomas 7 desa, Manyar 17 desa, Cerme 20 desa, Benjeng 21 desa, Balongpanggang 22 desa, Duduksampeyan 18 desa, Driyorejo 14 desa, Menganti 16 desa, Kedamean 10 desa, Wringinanom 12 desa, Sidayu 17 desa, Bungah 19 desa, Dukun 23 desa, Ujungpangkah 9 desa, Panceng 13 desa, Sangkapura 13 desa, dan Tambak 11 desa. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...