Ada Calon Menteri Potensial Tersangka, ICW Minta Jokowi Tunda Pengumuman

Ada Calon Menteri Potensial Tersangka, ICW Minta Jokowi Tunda Pengumuman Presiden Joko Widodo dan wakil presidenJusuf Kalla. foto: kompas

JAKARTA(BangsaOnline) Nama-nama kandidat menteri telah beredar di tengah masyarakat. Hal ini membuat masyarakat bisa mengkritisi nama-nama yang beredar itu.

ICW menilai masih ada beberapa nama dari 43 figur calon menteri atau pejabat setingkat menteri yang diusulkan masuk kabinet diduga bermasalah karena diragukan integritas maupun komitmen antikorupsinya.

"Figur calon menteri yang diragukan tersebut potensial menjadi tersangka korupsi dan diberitakan memiliki rekening atau transaksi keuangan yang mencurigakan. Kami mendesak untuk menunda pengumuman kabinet hingga ada kepastian figur-figur yang terpilih adalah yang terbaik dan tidak memiliki masalah hukum atau integritas," ungkap Koordinator Badan Pekerja ICW Ade Irawan kepada detikcom, Senin (20/10/2014).

Menurut Ade, tidak perlu buru-buru mengumumkan kabinet dalam waktu dekat. "Apalagi dalam UU kementerian jelas diatur bahwa presiden punya waktu 14 hari setelah pelantikan untuk mengumumkan kabinetnya," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, bahwa Presiden akan mengumumkan kabinet secepatnya. "(Pengumuman) Kabinet secepat-cepatnya," kata menjawab pertanyaan wartawan usai mengadakan pertemuan dengan PM Tony Abbott di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014) pukul 19.30 WIB.

Karena belum memiliki kabinet itulah belum bisa memastikan undangan Abbott untuk menghadiri KTT G-20 di Brisbane pada November 2014.

"(Abbott) Mengundang untuk hadir di G20. Saya nggak tahu hadir apa nggak karena saya belum punya kabinet. Saya ngomong belum punya kabinet jadi saya belum ada pengaturan," terang yang mengenakan kemeja batik lengan panjang ini.

sendiri telah menyeleksi sejumlah nama kandidat menteri. Dia telah mengirimkan utusan ke KPK dan PPATK untuk menyelidiki kekayaan dan catatan keuangan para kandidat itu. Pada Minggu kemarin, telah menerima hasil penyelidikan KPK dan PPATK.



Nama-nama sejumlah kandidat menteri yang telah beredar, yaitu:

- Sri Mulyani
- Eva Sundari
- Anies Baswedan
- Muhaimin Iskandar
- Komjen Pol Budi Gunawan
- Hamid Awaluddin
- Irjen Pol Syafrudin
- Tjahjo Kumolo
- Pramono Anung
- Puan Maharani
- Yunus Husein
- Hasto Krisyanto
- Mas Achmad Santosa
- Darmin Nasution
- RJ Lino
- Dr. Anwar‎
- Ignasius Jonan
- Luhut Panjaitan
- Yuddy Chrisnandi
- Marwan Jafar
- Rusdi Kirana
- Jimly Asshiddiqie
- Pratikno
- Ferry Mursyidan Baldan
- Jhonny Darmawan
- Sudhamek
- Siti Nurbaya
- Wiranto
- M Yusuf

Sumber: detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO