Senin, 24 Juni 2019 16:45

​Menteri Agama Era Gus Dur, Prof Dr KH Tholhah Hasan, Wafat

Rabu, 29 Mei 2019 17:12 WIB
Editor: Tim
​Menteri Agama Era Gus Dur, Prof Dr KH Tholhah Hasan, Wafat
Prof. Dr. KH. Tholhah Hasan. foto: nu.or.id

MALANG, BANGSAONLINE.com - Satu lagi ulama besar wafat. Prof Dr Muhammad KH Tholhah Hasan, mantan menteri agama RI era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) wafat pada pukul 14.10 WIB tadi siang, Rabu (29/5/2019). Kiai Thohah Hasan wafat di Paviliun VIP A Wijaya Kusuma RS Saiful Anwar, Kota Malang. 

Kiai Tholhah Hasan selain dikenal sebagai tokoh NU alim, juga populer sebagai ahli pendidikan Islam. Ia pernah menjabat Rektor Universitas Islam (Unisma) Malang.

Wafatnya Kiai Thohah ini menjadi berita viral di grup-grup WA NU dan grup WA lainnya.

Dikutip dari Biografi Muhammad Tholhah Hasan Kiai Tholhah Hasan (Digilib IAIN Sunan Ampel Surabaya), Kiai Tholhah lahir dari pasangan Tholhah dan Anis Fatma pada Sabtu Pon, 10 Oktober 1936 di Tuban Jawa Timur. Namun ia kemudian ditinggal ayahnya wafat sehingga menjadi yatim. Ia lalu diasuh kakeknya yang bernama Hasan di Lamongan. Karena itu nama aslinya yang semula hanya Muhammad lalu ditambah nama ayah dan kakeknya sehingga menjadi Muhammad Tholhah Hasan.

Ia sekolah SR (Sekolah Rakyat) di Lamongan. Lalu melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Salafiyah Syafiiyah Pondok Pesantren Tebuireng Jombang mulai 1951 hingga 1956. Kiai Thohah juga sempat mondok di beberapa pesantren, antara lain Pondok Pesantren Kranji yang kemudian menjadi PP Tarbiyatul Wathon dan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang.

Kiai Tholhah kemudian kuliah di Universitas Merdeka dan Universitas Brawijaya Malang.

Ia kemudian diambil menantu KH. Masykur, tokoh NU, yaitu dinikahkan dengan anak angkatnya yang bernama Hj Solichah Noor. Kiai Masykur adalah Menteri Agama pada Kabinet Amir Syarifuddin dan Kabinet Ali Sastro Amijoyo. Kiai Masykur juga pernah menjadi ketua DPR-MPR Kabinet Pembangunan III.

Kiai Tholhah kemudian menetap di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bungkuk Singosari Malang.

Kiai Tholhah Hasan dikenal sebagai ulama pluralis dan berwawasan luas. Ia banyak menguasai referensi ilmu keagamaan, termasuk kitab kuning.

Sejak muda Kiai Tholhah aktif di organisasi keagamaan NU. Ia pernah menjadi salah satu ketua Tanfidziyah PBNU (1989-1994) dan Rais Syuriah PBNU (1994-1999).

Gus Dur sangat apresiatif terhadap kiai yang selalu tampil sederhana itu. Karena itu, ketika Gus Dur terpilih sebagai Presiden RI ke-4, lalu mengangkat Kiai Tholhah Hasan sebagai Menteri Agama RI.

Jenazah Kiai Tholhah Hasan akan dimakamkan usai salat tarawih di komplek Pondok Pesantren Bungkuk Singosari Malang.

"Di situ (kompleks makam) kan ada makam Kiai Masykur, lalu ibunya," kata Dokter Hardadi Airlangga, menantu Kiai Tholhah Hasan seperti dikutip NUonline. (tim)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...