Rabu, 16 Oktober 2019 12:34

Terekam CCTV, Inilah Foto Pembunuh Jurnalis Mingguan, Polisi Minta Segera Serahkan Diri

Minggu, 12 Mei 2019 20:39 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Anatasia Novarina
Terekam CCTV, Inilah Foto Pembunuh Jurnalis Mingguan, Polisi Minta Segera Serahkan Diri
Foto kiri: Pelaku Utama, foto paling kanan: Pelaku Kedua.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Polisi terus memburu pelaku kasus pembunuhan terhadap jurnalis mingguan di Kota Surabaya, Soeprayitno (53). Pihak Kepolisian sudah mengamankan rekaman closed circuit television (CCTV).

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kota Surabaya, AKBP A Agus Rahmanto mengatakan, kasus pembunuhan Soeprayitno masih terus diselidiki. Pihaknya mendapatkan rekaman CCTV dari salah satu rumah susun sewa (rusunawa) tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP).

"Kita mencari petunjuk-petunjuk yang ada sampai akhirnya kita menuju ke rumah keluarga atau rusun dari korban yang ada di rusun tanah merah tersebut. kita koordinasi dengan pihak keamanan kita dapat CCTV," jelas Agus, Minggu (12/5).

Agus menambahkan, pihaknya juga sudah mengantongi profil pelaku dan petunjuk tentang pelaku. Pihaknya juga dapat keterangan yang berharga yang mengarahkan petunjuk untuk penyelidik.

"Setelah kita tanyakan kepada saksi yang melihat foto, sudah dipastikan dan diyakini dari jarak satu meter bahwa semua pake topi dan agak kurusan. Ini terduga pelaku utama seperti membawa pisau ditutupi jaket. Dia sempat mencari-cari," terangnya.

Sedangkan untuk ciri-ciri pelaku saat kejadian yang memiliki kemiripan dengan keterangan yang didapat dari saksi. "Terduga pelaku dua agak tambun. ini sudah fix dari keterangan saksi yang meyakini jaket dan topi sama karena hanya berselang sekitar 15 menit dari rusun tanah merah ke TKP terjadinya pembunuhan," imbuhnya.

Agus meminta pelaku segera menyerahkan diri walaupun pihaknya sudah mengetahui profil dari pelaku. "Tentunya apabila menyerahkan diri baik-baik kepada pihak kepolisian, proses penyidikan maupun peradilannya ada pertimbangannya dari hakim pasti lebih ringan," tegasnya.

Sedangkan untuk motif pembunuhan, pihak penyidik masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Yang pasti pelaku sempat masuk rumah, padahal korban sudah berpisah dengan mantan istri korban tidak ada akhirnya keluar. motif ya masih kita dalami. Korban ndak kenal sama pelaku," terangnya

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat apabila mengetahui terduga pelaku harap segera melapor dengan menghubungi hotline Polres Pelabuhan Tanjung Perak 081913707070.

"Tentunya ini sekecil apapun informasi sangat berharga bagi kami sehingga penangkapan pelaku bisa dipercepat. Mohon doanya anggota kami di lapangan mencari keberadaan dari pelaku ini," pungkasnya.

Terkait status korban yang diduga seorang jurnalis, Agus mengungkapkan bahwa memang yang bersangkutan pernah berprofesi sebagai bagian dari profesi jurnalistik, tepatnya di media Suara Gegana Indonesia. Namun yang bersangkutan masa tugasnya sudah berakhir kurang lebih pada bulan Februari 2019. 

"Surat tugas tersebut berlaku pada bulan Februari 2018 sampai Februari 2019. Sehingga pasca Ferbuari 2019 yang bersangkutan sudah tidak berprofesi lagi sebagai jurnalis. Kami sudah konfirmasi pegawai atau pengurus dari media tersebut sudah tidak ada hubungannya lagi," ungkapnya.

Soeprayitno (53) ditemukan tewas dengan luka bacokan dan bersimbah darah di depan rumahnya Gang 2, Jalan Tanah Merah, Kedinding, Kota Surabaya pada Jumat, 10 Mei 2019 malam. (ana/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri MakmunFenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik dikalangan artis, publik figur maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh nitezen...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...