Rabu, 18 September 2019 15:03

Bantah Rumor Buruknya Pelayanan JKN-KIS, Begini Cerita Para Karyawan PT DMA

Jumat, 05 April 2019 16:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Hendro Utomo
Bantah Rumor Buruknya Pelayanan JKN-KIS, Begini Cerita Para Karyawan PT DMA
Manajemen PT DMA dan karyawannya.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Wanita kini memiliki peranan yang cukup penting dalam dunia kerja. Hal itu terlihat dari banyaknya wanita yang ikut berperan aktif dalam memajukan beberapa sektor industri di tanah air.

Salah satunya PT Digdaya Mulia Abadi (DMA) yang terletak di Desa Tiron, Kabupaten Madiun, di mana mayoritas pekerjanya wanita. Manager Operasional PT DMA, Aldila Rayendra menegaskan bahwa manajemen perusahaan telah mendaftarkan seluruh pekerjanya menjadi peserta JKN-KIS.

“Kami pihak manajemen sudah mendaftarkan pekerja di sini yang kurang lebih seribu orang dan mayoritas adalah wanita. Kami ingin walaupun mereka sehari-harinya bekerja, tetapi kesehatan juga harus diperhatikan karena kewajiban kami sebagai pemberi kerja adalah memberikan perlindungan jaminan kesehatan bagi pekerja,” tegas Aldila

Pihak manajemen memberi kesempatan berbincang dengan beberapa pekerja sekadar berbagi cerita tentang pengalaman mereka dalam memanfaatkan pelayanan program JKN-KIS.

“Tahun 2017 saya pernah menjalani operasi miom di RS PKU Muhammadiyah Solo, pelayanannya bagus, tidak nambah biaya sama sekali,” cerita wanita yang kesehariannya bekerja sebagai mandor di bagian produksi, Siti Nur Asiyah.

Lain cerita yang dialami Sri Ambaruni. Dirinya menceritakan bahwa tahun lalu pada saat dirinya menjalani operasi yang dikarenakan kondisi kehamilan di luar kandungan. 

“Pelayanan yang saya rasakan di Rumah Sakit Sogaten bagus, saya menggunakan JKN-KIS sampai kontrol selesai. Kalau yang saya dengar dari orang-orang, katanya pakai JKN-KIS itu ribet dan nanti pelayanannya dibedakan. Tapi saya tidak merasakan hal itu. Nyatanya saya dilayani dengan baik, tidak dibeda-bedakan, enggak ribet juga,” ceritanya.

Pengalaman memanfaatkan program JKN-KIS yang terakhir diutarakan oleh petugas keamanan bagian produksi yang rutin melakukan kontrol kesehatannya untuk pengecekan kolesterol, gula darah, dan asam urat.

“Saya biasanya setiap bulan melakukan cek laboratorium di Puskesmas Balerejo, untuk mengantisipasi saya melakukan rawat jalan, bahkan sampai konsultasi kepada ahli gizi juga. Dan itu semua tidak dipungut biaya sepeser pun. Mungkin kalau memang ada keluhan dari peserta terkait BPJS Kesehatan ataupun terkait pelayanan di fasilitas kesehatan, ya harapan kami pihak BPJS Kesehatan segera menindaklanjuti,” tutur wanita yang akrab disapa Tini.

Bidang Personalia PT DMA yang diwakili oleh Triatma Esthi menyampaian harapannya agar BPJS Kesehatan dapat melakukan evaluasi terhadap mitra BPJS Kesehatan, terutama fasilitas kesehatan. Sehingga, akan meminimalisir keluhan-keluhan tentang pelayanan, baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama, ataupun fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan.

“Terima kasih kepada petugas BPJS Kesehatan yang selalu membantu ketika kami melakukan pengurusan keikutsertaan program JKN-KIS para pekerja PT DMA, sehingga mereka telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan mendapatkan perlindungan kesehatan. Untuk ke depannya, kami berharap BPJS Kesehatan melakukan evaluasi terhadap fasilitas kesehatan yang bekerja sama, agar kiranya jika ada komplain terkait masalah pelayanan, tidak terulang kembali, sehingga seluruh peserta JKN-KIS, yang notabene tidak hanya pekerja PT DMA bisa merasakan puas terhadap program JKN-KIS yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan,” tutup Triatma. (hen/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...