Ini Alasan Keluarga Memindahkan Makam Kiai Anwar Sudibyo

Ini Alasan Keluarga Memindahkan Makam Kiai Anwar Sudibyo Proses pemindahan makam Kiai Anwar Sudibyo.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Jasad Kiai Anwar Sudibyo yang masih utuh meski sudah dikebumikan selama 31 tahun di media sosial. Jasad Kiai Anwar diketahui masih utuh saat hendak dipindahkan dari pemakaman umum Desa Tambakan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten ke makam keluarga di samping Masjid Baitul Rauf desa setempat. Kondisi jasad masih menyambung mulai kepala hingga jari kaki, kain kafan yang menempel pada jasad juga tidak ada yang robek sama sekali.

Putra kelima Kiai Anwar Sudibyo, Moch Munib (60) menjelaskan, alasan keluarga memindahkan makam. Makam Kiai Anwar Sudibyo dipindah karena permintaan dari para santri. Selama ini makam Kiai Anwar Sudibyo berada di pemakamam umum desa setempat. Saat hendak ziarah ke makam, para santri mengaku kesulitan, karena jumlah santri cukup banyak.

Untuk itu, pihak keluarga meminta izin kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemerintah desa setempat untuk memindahkan makam sang kiai. Permintaan ini disetujui semua pihak. Hingga akhirnya makam Kiai Anwar dipindah.

"Atas permintaan santri ini akhirnya kami meminta izin kepada pihak desa serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan sesepuh desa. Alhamdulillah semua pihak mengizinkan dan kami langsung memindahkan," jelas Munib, Selasa (19/3/2019).

Menurut Munib, pihak keluarga sebelumnya tidak menyangka jasad Kiai Anwar masih utuh meski sudah puluhan tahun dikebumikan. Dengan peristiwa ini pihak keluarga mengaku kaget sekaligus terharu. Keluarga berharap peristiwa ini bisa menjadi pengingat bagi umat muslim untuk selalu bertaqwa kepada sang pencipta.

"Kami terus terang terharu. Dengan peristiwa ini kami berharap kedepan dapat menjadi cerminan agar umat muslim selalu meningkatkan ketaqwaan kepada gusti Allah," pungkas Munib. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO