Seperti Apa Aura dan Kekuatan Mistis Batu Akik Pacitan? Ini Penjelasan Kolektor

Seperti Apa Aura dan Kekuatan Mistis Batu Akik Pacitan? Ini Penjelasan Kolektor Ilustrasi batu akik jenis Natural Redist Orange Raflessia. foto: Batupermata

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pesona " rel="tag">batu yang empat tahun lalu banyak menghiasi jemari masyarakat di Pacitan, sekarang ini seakan redup bahkan nyaris padam. Akan tetapi sejatinya, keindahan bebatuan mulia itu masih menjadi sebuah sugesti kuat bagi sebagian kolektor yang ada. 

Tak hanya soal keindahan pancaran warna batu serta jenisnya. Namun, aura mistis banyak diyakini masih menjadi sebuah kepercayaan bagi para kolektor. Hal tersebut seperti disampaikan Agus, salah seorang kolektor " rel="tag">batu asli Pacitan.

"Sugesti memang ada. Kalau khodam (energi mistis, penghuni sebuah pusaka atau benda bertuah, red) memang suka berdiam di sebuah keris (besi), bebatuan (), foto, ataupun lukisan. Nah soal bebatuan, memang belum bisa mengalahkan bebatuan dari Pacitan kalau soal aura mistis yang tersimpan," ujarnya, Senin (25/2).

Ia lantas menjelaskan kepercayaan tersebut dari sudut pandang Islam. Menurut Agus, khodam bisa berwujud berbagai rupa, di antaranya adalah jin atau iblis.

"Azazil (jin/iblis, red) adalah salah satu makhluk Allah SWT yang tak mau bersujud pada sang khalik ketika Adam dan Hawa mulai diciptakan. Karena kesombongannya itulah, ia dikutuk oleh Allah dan dibuanglah ke bumi meski dengan bermacam permintaan," ceritanya.

"Dulu kala, Azazil bermuka tampan. Namun karena kutukan, dia berubah wajah sangat menyeramkan dan disebutlah sebagai syetan. Banyak permintaan yang dia ajukan ke Allah SWT. Satu di antaranya mengajak dan menggoda manusia agar ikut bersamanya ke neraka. Selama hidup di bumi, Azazil sangat menyukai tempat-tempat seperti lautan, kamar mandi, dan satu di antaranya seperti di bebatuan," jelas Agus yang sekarang ini mulai hijrah dan banyak meninggalkan hal-hal mistis.

Karena itulah, tak salah jika banyak penggemar batu yang meyakini bahwa khodam banyak tersimpan di bebatuan . Apalagi bebatuan yang berasal dari bumi Pacitan. Bicara soal mistis dalam bebatuan , lanjut Agus, ada dua hal yang perlu dipahami.

"Satu mistis karena alam, dan mistis karena proses transformasi dari seseorang atau istilah Jawa disebut dengan sangen. Dua asal muasal ini secara sugesti akan memengaruhi kedigdayaan sebuah benda bertaji itu," tuturnya.

Mengapa bebatuan Pacitan lebih dipercaya sangat kuat dari sisi mistisnya? Agus menjelaskan, di seantero negeri ini, bumi Pacitan memang dikenal sebagai kawasan wengker dan banyak tersimpan segudang mitos. Bukan hanya soal , namun banyak ditemukan tempat-tempat sakral yang konon sebagai petilasan para raja untuk bertapa menempa ilmu kedigdayaan. Termasuk para petinggi di negeri ini seakan sudah menjadi sebuah kewajiban untuk anjang sana bahkan melakukan ritual di tempat-tempat petilasan itu.

"Mayoritas tempat petilasan itu berupa bebatuan. Ya mungkin karena sejarah itulah sehingga bebatuan Pacitan banyak dipercaya paling ampuh dari sisi mistisnya," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ratusan Karyawan PT Simone Bogor Mengalami Kesurupan Massal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO