Jumat, 19 April 2019 16:21

Guru dan Siswa SMP PGRI Wringinanom Gresik Sepakat Damai

Minggu, 10 Februari 2019 18:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Guru dan Siswa SMP PGRI Wringinanom Gresik Sepakat Damai
Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S. Bintoro menyaksikan Agrigo Aris mencium tangan Nur Kalim sembari minta maaf. foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kasus siswa SMP PGRI Wringinanom yang videonya viral karena mencekik gurunya akhirnya berakhir damai, Minggu (10/2). Keduanya dipertemukan di Mapolsek Wringinanom dengan dimediasi Kapolres AKBP Wahyu S. Bintoro. Disaksikan orang tua dan keluarga, Guru SMP PGRI yang diketahui bernama Nur Kalim dan si siswa bernama Arigo Aris akhirnya sepakat damai.

Nur Kalim (30), warga Dusun Pasinan RT 19 RW 4 Desa Pasinan Putatlor, Kecamatan Wringinanom ini menyatakan telah memaafkan siswanya itu, dan tak menuntut apa-apa. Sementara Arigo Aris (15), warga Dusun Krajan RT 01 RW 05 Kecamatan Wringinanom, juga meminta maaf atas tindakannya. Ia mengaku bersalah dan berjanji tak mengulanginya.

Selain didampingi dan disaksikan kedua orangtua Arigo Aris, proses mediasi itu juga dihadiri Kepala SMP PGRI, yayasan PGRI, PPA, Dinas Sosial, dan anggota DPRD Gresik.

Saat proses perdamaian, Guru Honorer Nur Khalim duduk bersebelahan dengan Arigo Aris yang diapit orangtuanya. Sambil menundukkan kepala, Arigo Aris mendengarkan permintaan maaf ayahnya kepada guru Nur Kalim.

Kepada Nur Kalim, Selamet Riyanto (40), orangtua Arigo Aris berjanji akan membimbing anaknya. "Saya berjanji ke depannya akan membimbing anak saya sepenuh hati dan terus-menerus hingga jenjang sekolah selesai," ucap Slamet.

Sementara Nur Kalim sendiri menyatakan telah memaafkan siswanya Arigo Aris sebelum adanya mediasi. Ia juga mengaku ingin permasalahan tersebut selesai secara damai. "Saya sudah memaafkan jauh-jauh hari. Saya berharap permasalahan ini cepat selesai," paparnya.

(Nur Kalim memeluk Arigo Aris dengan haru disaksikan keluarga)

Dalam surat perdamaian itu ada beberapa poin yang disampaikan saat mediasi. Yakni, kedua pihak ingin menyelesaikan masalah secara kekeluargaan. Hal ini didasari karena Arigo Aris masih kelas IX dan akan mengikuti ujian nasional (Unas).

Selain kepada Nur Kalim, Arigo Aris juga menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas menyebarnya video.

Setelah kedua belah pihak sepakat damai, Arigo Aris tak kuasa menahan tangis saat membacakan menyampaikan permintaan maaf.

Anggota Komisi IV DPRD Gresik, Noto Utomo saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com berharap ke depannya peristiwa serupa tak terulang. Pasca mediasi ini, komisinya memajukan sidak ke SMP PGRI Wringinanom pada Senin (11/2) besok, dari jadwal sebelumnya Kamis (14/2).

"Senin kami ke SMP PGRI. Kita akan sidak di sana pukul 09.00 WIB. Langkah ini sebagai bentuk keseriusan kami untuk memberikan pembelajaran kepada para siswa agar bisa berperilaku yang baik kepada para gurunya. Termasuk kepada orangtuanya agar mengawasi pergaulan anaknya," paparnya.

"Kasus siswa menganiaya guru ini adalah kasus serius yang tak bisa hanya diselesaikan dengan cara perdamaian. Sebab, bisa ditiru yang lan," pungkas politikus PDIP asal Bungah ini. (hud/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...