Senin, 19 Agustus 2019 07:29

DMI Bangkalan Serahkan 59 Tandon Air 2.000 Liter untuk Masjid

Sabtu, 08 Desember 2018 15:34 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Ahmad Fauzi
DMI Bangkalan Serahkan 59 Tandon Air 2.000 Liter untuk Masjid
Ketua DMI Bangakalan (Ir. Mondir Rofii) dan Sekretaris Dewan Perwakilan DMI Jatim Wakil Bupati Bangkalan (Drs. Mohni, MM) bemberikan tandon secara simbolis kepada perwakilan masjid yang ada di Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bangkalan Ir. Mondir Rofii menyerahkan 59 tandon pada perwakilan takmir masjid yang tersebar di seluruh Kabupaten Bangkalan. Penyerahan ini dilakukan di halaman masjid Agung Bangkalan, Sabtu (08/12).

"Pemberian tandon hasil kerja sama DMI Jawa Timur dengan PT Pinguin Indonesia atas inisiator TV SBO Surabaya. Totalnya seluruh Jawa Timur akan diserahkan sebanyak 2.000 tandon dengan kapasitas 2.000 Iiter. Kami ucapkan terima kasih," kata Ir. Mondir Rofii.

Mondir berharap, "Safari Berkah Tandon 2.000 Jawa Timur" dapat bermanfaat pada masjid dan masyarakat. Sebab, air merupakan salah satu poin utama kebutuhan dan kepentingan masjid. Untuk tandon ini diharapkan dapat difungsikan secara maksimal untuk kebersihan dan kesucian masjid.

Kegiatan serah terima tandon ini dikemas dengan silaturrahmi musyawarah daerah (Musda) DMI Bangkalan agar lebih efketif dan efesien. "Perkembangan pembangunan masjid di Bangkalan setiap tahun terus tumbuh. Di Bangkalan, tahun 2015 sudah ada 1.000 masjid," ungkap Mondir.

“DMI harus memiliki peran yang maksimal terkait fungsi masjid. Peran optimalisasi dewan masjid harus mampu memberikan terobosan. Masjid tidak hanya sebagai tempat melaksanakan ibadah mahdhah saja, masjid juga sebagai kegiatan ibadah ghairuh mahdhah. Justru di zaman Rasulullah, masjid sebagai pusat peradaban dan perkumpulnya para ahli-ahli pemikir dan ulama, malah sebagai pusat pemerintahan,” kata dia.

Ra Mondir --panggilan akrab Ir. Mondir Rofii-, berpesan kepada pemerintah yang baru agar melanjutkan program bantuan operasional kepada masjid-masjid yang sudah berjalan. Ia juga meminta agar volume bantuan ditingkatkan seperti biaya operasional air dan listrik.

Sementara Wakil Bupati Drs. Mohni, MM merespon dengan baik permintaan ketua DMI Bangkalan. "Sesuai dengan visi-misi kampanye bahwa kemakmuran masjid dan marasah diniyah sudah memjadi proritas kerja pemerintahan saat ini. Tahun 2019, pemda sudah mengalokasikan dana bantuan operastional seperti listrik dan air. Untuk berapa besarnya, tergantung besarnya masjid tersebit, walaupun belum bisa mencover semua masjid," kata Wakil Bupati.

Dalam penyerah tandon, hadir ketua Takmis Masjid Agung Bangkalan, KH. Syafik Rofii, Waka Polres, Perwakilan dari Kodim, Ketua Muhammadiyah Bangkalan. (uzi/ns)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...