Rabu, 25 November 2020 18:43

Baru Sebulan Bebas, Residivis Jambret di Blitar Kembali Beraksi, Tapi Aksinya Digagalkan Tukang Buah

Kamis, 11 Oktober 2018 15:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Baru Sebulan Bebas, Residivis Jambret di Blitar Kembali Beraksi, Tapi Aksinya Digagalkan Tukang Buah
Pelaku diamankan di Mapolsek Sukorejo. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinginnya penjara ternyata tak membuat Didik Agustian (26) warga Gunug Gede, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar jera.

Sebulan setelah bebas akhir Agustus lalu, pria yang dipenjara karena sudah dua kali melakukan aksi penjambretan ini justru kembali berulah.

Ia kembali menjambret seorang ibu-ibu yang tengah berbelanja buah-buahan di Jalan Mahakam Kota Blitar. Sayang, aksi kejahatannya kali ini berhasil digagalkan oleh seorang pedagang buah. Pelaku bahkan nyaris dihakimi massa karena mencoba kabur.

Kapolsek Sukorejo Kompol Agus Fauzi mengatakan, kronologi kejadian berawal saat korban Iswatun berbelanja di buah di Jalan Mahakam Kota Blitar, Kamis (11/10/2018). Saat itu korban meletakkan tasnya yang berisi uang sebesar Rp 500 ribu di atas motor. Saat korban sedang memilih buah-buahan, pelaku mengambil tas korban dan langsung kabur menggunakan sepeda motor ke arah barat.

Mengetahui pelanggannya menjadi korban penjambretan, pedagang buah ini pun berinisiatif mengejar pelaku menggunakan motor korban. "Saat itu pedagang buah mengetahui jika pelangganya jadi korban jambret. Tanpa pikir panjang penjual buah tersebut langsung meminjam motor korban untuk mengejar pelaku sampai di Kelurahan Tlumpu," jelas Agus Fauzi.

Sesampainya di Kelurahan Tlumpu, warga yang melihat aksi kejar-kejaran ini kemudian membantu mengejar dan menghentikan motor pelaku. Sejumlah warga nyaris menghakimi pelaku setelah mengetahui jika yang dikejar adalah pelaku jambret.

"Beruntung ada petugas yang sedang berpatroli dan langsung mengamankan pelaku," kata Agus Fauzi.

Saat dimintai keterangan, terungkap jika motor Honda Vario yang digunakan untuk menjambret merupakan motor curian. Pencurian motor itu dilaporkan ke Polsek Sanankulon 29 September lalu.

"Motor yang digunakan pelaku ini juga merupakan hasil kejahatan. Pencurian motor yang dilaporkan ke Polsek Sanankulon tersebut terjadi di Barat gapura perbatasan Kota Blitar," imbuhnya.

Akibat ulah nekatnya, pelaku harus mempertangungjawabkan perbuatanya. Saat ini pelaku masih diperiksa di Mapolsek Sukorejo. Sementara korban enggan berbicara banyak karena masih merasa trauma dengan kejadian yang dialaminya. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...