Sabtu, 31 Oktober 2020 22:59

Aksi Penjambretan di Blitar Terekam CCTV, Pelaku Terungkap Berkat Informasi dari Medsos

Rabu, 22 Mei 2019 15:31 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Aksi Penjambretan di Blitar Terekam CCTV, Pelaku Terungkap Berkat Informasi dari Medsos
Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar memamerkan tersangka berikut barang bukti. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebuah aksi penjambretan terekam kamera CCTV. Kejadian penjambretan ini terjadi di selatan pasar hewan Dimoro, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

Dalam rekaman CCTV terlihat dua orang ibu-ibu berboncengan sedang melintas di jalan raya. Tak lama kemudian, ada seorang lelaki juga menggunakan motor membuntuti dari belakang dan langsung menarik kalung emas yang dikenakan korban.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, kejadian ini awalnya viral melalui media sosial dan langsung ditindaklanjuti Satreskrim Polres Blitar Kota. Tak butuh waktu lama, polisi berhasil meringkus pelaku atas nama Yusron Efendi (27) warga Desa Wonorejo, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

"Setelah dilakukan penyelidikan, diketahui pelaku sudah tujuh kali melakukan aksi penjambretan. Empat di antaranya berada di wilayah hukum Polres Blitar Kota," ungkap AKBP Adewira Negar Siregar, Rabu (22/5/2019).

Atas kejadian ini pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk berhati-hati dan waspada. Utamanya para ibu-ibu dan wanita yang terbiasa mengendarai motor. "Kami mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati dan waspada. Karena biasanya mendekati hari raya marak terjadi tindak kejahatan seperti penjambretan dan pencopetan," jelasnya.

Sementara di depan petugas, pelaku Yusron Efendi mengakui semua perbuatanya. Ia mengatakan hasil kejahatan itu digunakan untuk bersenang-senang di lokalisasi di daerah Ngunut, Tulungagung.

Ia juga mengakui jika selalu memilih sasaran ibu-ibu atau wanita karena mereka jarang melakukan perlawanan. "Sasaranya wanita, biar enak tidak melawan," ungkap Yusron Efendi.

Bersama pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti sepeda motor Vixion warna hitam nopol AG 6791 LN , 1 buah helm warna hijau ,1 buah kalung emas dengan berat 14,5 gram, dan rekaman CCTV. (ina/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 31 Oktober 2020 19:03 WIB
BATU, BANGSAONLINE.com - Libur cuti bersama menyambung akhir pekan (long weekend) Oktober 2020 ini dimanfaatkan masyarakat mengunjungi beberapa tempat wisata. Salah satunya di Kota Wisata Batu.Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun memantau la...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Sabtu, 31 Oktober 2020 10:28 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...