Larung Sesaji Gunung Kelud Tingkatkan Antusias Pengunjung

Larung Sesaji Gunung Kelud Tingkatkan Antusias Pengunjung Masyarakat saat mengikuti prosesi larung sesaji di gunung Kelud. foto: Dinas Kominfo.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Salah satu rangkaian Festival Kelud 2018 yaitu Tradisi Larung Sesaji Gunung Kelud berjalan lancar, unik dan penuh kesakralan. Tradisi yang dilakukan warga lereng Kelud setiap tahun ini sebagai wujud rasa syukur masyarakat lereng gunung karena telah dikaruniai hasil bumi, juga sebagai salah satu cara memohon perlindungan Tuhan.

Sejumlah masyarakat dan para wisatawan tampak antusias mengikuti rangkaian acara ini. Kegiatan berpusat yang di rest area atas kawasan wisata Gunung Kelud itu menampilkan berbagai acara tari-tarian sebelum acara dimulai. Nampak tarian Reog Ponorogo juga menampilkan performa terbaiknya yang mampu membuat decak kagum pengunjung.

Hebatnya lagi, kedua reog tersebut mampu mengangkat orang di atas kepalanya. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ir. Adi Suwignyo dan Plt. Camat Ngancar Suharsono juga mencoba menaiki reog tersebut.

Acara ritual hari ini diikuti oleh lima desa di Kecamatan Ngancar. Desa tersebut adalah Desa Sempu, Babadan, Sugihwaras, Pandantoyo dan Ngancar.

Seperti biasanya, gunungan sesaji berisi hasil kekayaan alam atau hasil bumi dari lereng Kelud, seperti buah nanas, ubi, nangka, pisang, tomat, terong dan lain-lain, serta nasi lengkap dengan lauknya diarak menuju tempat upacara dan diperebutkan oleh masyarakat.

Adi Suwignyo mengatakan, ritual larung sesaji adalah ritual tahunan yang digelar oleh masyarakat lereng Kelud setiap bulan Suro sesuai penanggalan Jawa. “Acara ini termasuk sebagai sarana memperkenalkan budaya seni Kabupaten Kediri agar bisa dikenal dunia. Tidak hanya alamnya saja yang indah dan eksotik, tetapi keanekaragaman budayanya pula,” terangnya.

Keanekaragaman budaya tersebut akan mampu pula mendukung dan menunjang pariwisata yang ada di Kabupaten Kediri. "Gunung merupakan wisata andalan kita semua, tanpa adanya Gunung Kelud, wisata di Kabupaten Kediri terasa belum lengkap. Karena Gunung Kelud termasuk gunung yang sangat terkenal di dunia, kita ketahui bahwa saat meletus 13 Februari 2014 silam mampu menutup 7 bandara di Indonesia, bahkan abunya sampai luar negeri,” tambahnya.

"Berkat kerja sama pemerintah dan masyarakat, akhirnya wisata ini kembali dibuka, pertanian di daerah ini bangkit, sekaligus mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Namun perlu kita ketahui bersama, wisata di Kabupaten Kediri itu banyak, bukan hanya Gunung Kelud. Yang di barat sungai ada Dholo, Irenggolo, Sumberpodang dan lain-lain,” pungkasnya. (adv/kominfo/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO