BKKBN Perpanjang Kerjasama dengan TNI

BKKBN Perpanjang Kerjasama dengan TNI Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha G., S.H., dan Ir. Ambar Rahayu, M.N.S., Sekretaris Utama BKKBN.foto:istimewa

JAKARTA (bangsaonline) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional () bersama Tentara Nasional Indonesia () melaksanakan penandatanganan perpanjangan Nota Kesepahaman dan perjanjian kerjasama di Gedung Serba Guna Jakarta Timur, Rabu (10/9/2014).Asisten Teritorial (Aster) Panglima Mayjen Ngakan Gede Sugiartha G., S.H., mewakili Panglima sedangkan oleh Ir. Ambar Rahayu, M.N.S., Sekretaris Utama .

Dalam sambutannya Aster Panglima menyatakan bahwa nota kesepahaman ini merupakan komitmen dan keinginan bersama untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan nasional, khususnya pada bidang kependudukan dan peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Keikutsertaan dalam pelaksanaan percepatan revitalisasi program KB nasionalmerupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab moral dalam rangka membantu pengendalian penduduk agar tumbuh seimbang”, kata Aster Panglima .

Penduduk merupakan aspek penting dalam pembinaan teritorial , pembinaan unsur demografi ini mencakup pembinaan terhadap data dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang pada akhirnyapenduduk Indonesia secara keseluruhan memiliki potensi sebagai komponen pertahanan negara sesuai dengan profesi masing-masing.

Oleh karena itu dan melalui program KB dan program pendukung lainnya berkomitmen untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, sehat dan cerdas sehingga memiliki kemampuan untuk bersama-sama mempertahankan negara dan melaksanakan pembangunan demi tercapainya cita-cita nasional.sehingga tumbuh generasi yang mempunyai daya saing komperatif dan daya saing kompetitif.

Lebih lanjut Aster Panglima menyampaikan sejak dimulai kembali kerjasama dengan tahun 2009, telah banyak hasil yang dicapai khususnya dalam meningkatkan pencapaian peserta atau akseptor KB baru.Hingga akhir tahun 2013 di beberapa provinsi telah mencapai target sesuai dengan rencana yangditetapkan, bahkan ada beberapa daerah yang melebihi target. “Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari optimalnya sinergitas kegiatan yang dilakukan oleh prajurit dengan di daerah-daerah”, ujar Mayjen Sugiartha

Hingga saat ini para prajurit di jajaran telah banyak mendapat pelatihan dari untuk dapat difungsikan sebagai motivator dan pembantu pelayanan KB. Kemampuan prajurit tersebut telah mampu memberikan kontribusi yang lebih baik terhadap keberhasilan program KB khususnya pada kegiatan penjaringan akseptor baru.

Saat ini, telah menyediakan rumah sakit militer untuk dapat digunakan sebagai tempat pelayanan KB bagi warga masyarakat. Sedangkan bagi penduduk di pulau-pulau terluar, terpencil dan tertinggal yang tidak terjangkau oleh transportasi darat dan udara, dapat memanfaatkan layanan kesehatan dan KB di rumah sakit terapung yaitu KRI Dr Suharso. Dengan kegiatan tersebut diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan secara merata.

Sumber: puspen mabes TNI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '3 Prajurit TNI Gugur Akibat Baku Tembak di Papua':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO