Senin, 16 Desember 2019 07:06

Dandim Tuban Pimpin Upacara Harkitnas ke-110

Senin, 21 Mei 2018 21:34 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Suwandi
Dandim Tuban Pimpin Upacara Harkitnas ke-110
Dandim 0811 Tuban, Letkol Infanteri Nur Wicahyanto menjadi inspektur upacara dalam peringatan Harkitnas Ke-110 di alun-alun, Senin (21/05).

TUBAN,BANGSAONLINE.com - Komandan Kodim (Dandim) 0811 Tuban Letkol Infanteri Nur Wicahyanto menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-110 di alun-alun, Senin (21/05).

Upacara yang dihadiri Bupati, Wakil Bupati, serta jajaran Forkopimda Tuban ini diikuti sekitar 500 peserta upacara yang terdiri dari perwakilan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI, Polri, Satpol PP, dan beberapa lembaga pendidikan yang ada di Bumi Wali.

Sebagai inspektur upacara, Dandim Nur Wicahyanto membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudantara.

"Peringatan Harkitnas perlu dipandang sebagai momentum untuk menggelorakan semangat kebangkitan nasional untuk tidak pernah memudar. Hal ini sebagai upaya untuk menunjukkan urgensi bagi kehidupan bangsa sehari-hari. Oleh sebab itu, Harkitnas Ke-110 yang mengusung tema Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital," ujarnya.

"Hal ini sebagai wujud upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri," ungkap Dandim.

"Era digital ini perlu adanya pengembangan Kapasitas SDM dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan. Tujuannya, agar bangsa Indonesia bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia dengan menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan tiap elemen di masyarakat".

"Hal ini sesuai dengan pemaparan Bung Karno yang menggambarkan Persatuan Bangsa layaknya Sapu Lidi. Jika tidak diikat, maka lidi tersebut akan tercerai berai, tidak berguna dan mudah dipatahkan. Tetapi jikalau lidi-lidi itu digabungkan, diikat menjadi sapu, mana ada manusia bisa mematahkan sapu lidi yang sudah terikat".

"Menurut Perkiraan Badan Pusat Statistik, pada Tahun 2028 sampai 2031, bangsa Indonesia akan memasuki era keemasan dalam konsep kependudukan yaitu bonus demografi. Di samping itu, angka ketergantungan penduduk diperkirakan mencapai titik terendah, yaitu 46,9 persen".

"Karena itu, diperlukan upaya guna mendorong dunia pendidikan, di antaranya bekerja sama dengan industri dan bisnis, untuk mencari terobosan-terobosan baru dalam pendidikan vokasi".

"Untuk itu, marilah bersama-sama menjauhkan dunia digital dari anasir-anasir pemecah-belah dan konten-konten negatif agar generasi penerus bangsa bebas berkreasi, bersilaturahmi, berekspresi, dan mendapatkan manfaatnya," pungkas Dandim kelahiran Solo tersebut. (wan/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Sabtu, 14 Desember 2019 23:59 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Crystal Universe, akan menjadi andalan di Milenial Glow Garden (MGG), salah satu wahana baru Jatim Park 3 yang di-launcing pada Sabtu (14/12). Betapa tidak, di ruangan ini pengunjung akan dipikat dengan keindahan 5.433 l...
Sabtu, 14 Desember 2019 13:01 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Mengerikan! Itulah gambaran sikap saling serang atau saling bully antar penganut agama di media sosial (medsos). Tanpa risih dan tedeng aling-aling mereka saling serang dengan memakai kata-kata kasar, sadis, dan kejam. Mere...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...