Melawan Rokok, Mantan Walikota New York Sumbang Rp 385 Triliun

Melawan Rokok, Mantan Walikota New York Sumbang Rp 385 Triliun Walikota New York Michael R. Bloomberg. opinion-maker.org

NEW YORK(BangsaOnline)Setelah meninggalkan jabatannya, Wali Kota New York yang juga miliarder, , berjanji akan menyumbangkan kekayaannya sebesar US$ 32,8 miliar atau sekitar Rp 385 triliun sebelum ia meninggal. Bloomberg berharap uang itu dapat digunakan untuk memajukan kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

"Saya harap uang ini dapat digunakan untuk mengurangi risiko me yang tinggi di Turki dan Indonesia, menurunkan tingkat obesitas di Meksiko, mengurangi kemacetan di Rio de Janiero, meningkatkan keamanan jalan di India, mencegah kematian ibu melahirkan di Tanzania, dan membantu kota-kota di seluruh dunia untuk menjadi lebih ramah lingkungan dan memberikan layanan yang lebih efisien," kata Michael dalam pernyataannya, seperti dilaporkan Sidney Morning Herald, Senin, 25 Agustus 2014.

Orang terkaya ke-16 di dunia versi Forbes itu akan lebih memprioritaskan sumbangannya kepada negara-negara yang membutuhkan banyak bantuan. Rencananya, uang itu akan ia sumbangkan ke yayasan miliknya, Blooomberg Philanthropies, dalam program anti di 15 negara, termasuk Indonesia, Rusia, Cina, dan India.

Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah pe di Turki menurun menjadi 32 persen pada 2008 dan 27 persen di 2012. Jumlah pe laki-laki juga menurun hingga 41 persen dari 48 persen tahun lalu.

"Saya bangga melihat kampanye anti di Turki menunjukkan hasil yang baik dengan nilai investasi mencapai US$ 7 juta," kata Bloomberg.

Tahun lalu, Bloomberg juga merelakan hartanya sebesar US$ 452 juta untuk membantu sesama. "Jika tidak disumbangkan, untuk apa lagi uang itu saya simpan?" katanya.

Sumber: tempo.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO