46 Lokasi di Pacitan Kembali Dinilai Tim Pantau Adipura

46 Lokasi di Pacitan Kembali Dinilai Tim Pantau Adipura Edi Junan Ahmadi menunjukkan puluhan titik pantau. (foto: yuniardi sutondo/ bangsaonline)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sekitar 46 titik mulai perkantoran, permukiman, serta titik-titik konsentrasi massa, kembali diobok-obok tim pantau Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov Jatim, Senin (19/3). Mereka hendak melihat dan melakukan penilaian untuk memastikan apakah Kabupaten kembali masuk nominasi ataukah tidak sebagai kabupaten peraih supremasi tertinggi di bidang kebersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat Edi Junan Ahmadi mengatakan ada tiga lokasi yang menjadi atensi khusus bagi tim pantau Adipura. Pasalnya ketiga lokasi itu masih perlu perbaikan dan pembenahan berdasarkan hasil pantau pertama November tahun lalu.

"Tiga titik itu meliputi Dinas LH sendiri, Pasar Minulyo, serta teduhan di TPA. Ketiga lokasi itu memang masih minus. Namun kekurangan tersebut lebih didasarkan pada item-item penilaian. Seperti, kapasitas lokasi yang belum sesuai dengan ketersediaan tong sampah, serta item pemilahan sampah antar sampah organik dan anorganik," kata Edi Junan saat ditemui di pelataran Masjid Agung Darul Fallah .

Pemantauan tahap dua ini memang sangat menentukan sebuah kabupaten lolos atau tidak sebagai nominator peraih Adipura. Begitupun , lanjut Junan, sudah berupaya maksimal untuk bisa kembali meraih Adipura.

"Kalau kita lolos masuk nominasi, berikutnya akan disampaikan paparan kepala daerah dengan Kementerian Lingkungan Hidup. Mudah-mudahan bisa masuk nominasi," harap Junan. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO