Sabtu, 19 Oktober 2019 07:30

Bengawan Solo Siaga II Banjir, Sejumlah Desa di Bojonegoro Kembali Tergenang

Selasa, 13 Maret 2018 13:18 WIB
Wartawan: Eky Nurhadi
Bengawan Solo Siaga II Banjir, Sejumlah Desa di Bojonegoro Kembali Tergenang
Tinggi Muka Air (TMA) Bengawan Solo terus mengalami kenaikan sejak Senin (12/3) hingga Selasa pagi (13/3/18).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Debit air Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, kembali masuk siaga II banjir. Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Bengawan Solo terus mengalami kenaikan sejak Senin (12/3) dinihari, hingga Selasa pagi (13/3/18).

Di papan duga Taman Bengawan Solo (TBS) Kota Bojonegoro ketinggian air terpantau pada titik 14.30 MDPL atau siaga II banjir dengan tren air terus naik. Sedangkan di papan duga Bengawan Solo perbatasan Bojonegoro - Ngawi juga masih menunjukkan tren kenaikan.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, naiknya debit air sungai di wilayah Bojonegoro karena adanya kiriman air dari wilayah hulu, mulai Madiun, Ngawi, Ponorogo, serta beberapa daerah di wilayah Jawa Tengah.

"Beberapa wilayah di hulu seminggu ini memang sedang terjadi hujan dengan intensitas tinggi, belum lagi ditambah air hujan di wilayah Bojonegoro. Semua air turun ke Sungai Bengawan Solo hingga masuk siaga kembali," terangnya.

Andik Sudjarwo memprediksi puncak ketinggian air Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro mencapai siaga kuning dengan ketinggian air sekitar 14.60 meter diatas permukaan air laut (MDPL).

"Sampai Siaga Kuning saja perkiraan kami. Kalau beberapa waktu lalu ketinggian air sudah mencapai Siaga Merah diatas 15.00 MDPL, hampir menyamai banjir besar tahun 2007 lalu," jelasnya.

Meski diperkirakan tidak sampai sampai masuk siaga III banjir (siaga merah), Andik Sudjarwo tetap mengimbau kepada masyarakat yang berada di daerah bantaran Sungai Bengawan Solo waspada. Sebab siaga II pun sudah banyak desa yang terdampak.

Belasan desa di sekitar bantaran sungai terpanjang di pulau jawa sudah mulai dikepung air. Bahkan rumah-rumah warga juga sudah mulai tergenang air banjir luapan Sungai Bengawan Solo itu.

Sementara itu, sebagai upaya persiapan menghadapi banjir, Kepolisian Resort Bojonegoro mulai mendirikan tenda pengungsian di tempat pengungsian Gedung Serbaguna, Kota Bojonegoro.

Selain pihak kepolisian, Dinas Sosial juga mulai menyiapkan logistik bantuan sembako yang dimuat di mobil truk besar. Selain itu, pihak BPBD serta sejumlah instansi lain terus melakukan pemantauan terhadap dampak banjir luapan air Sungai Bengawan Solo. (nur/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...