Dikenal Getol Berorganisasi, Wakil Rais Syuriah PCNU Tuban KH Ahmad Mundzir Tutup Usia

Dikenal Getol Berorganisasi, Wakil Rais Syuriah PCNU Tuban KH Ahmad Mundzir Tutup Usia KH Ahmad Mundzir semasa hidup saat menunjukkan buku karyanya.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Berita duka datang dari PCNU Kabupaten Tuban. Wakil Rais Syuriah KH Ahmad Mundzir tutup usia pada Jum’at (26/1) pagi hari menjelang subuh. Kiai Mundzir, begitu sapaan akrabnya, meninggal dunia di usia ke-66 tahun karena sakit yang dideritanya sejak beberapa bulan terakhir ini.

Sebelum meninggal, ia sempat mendapatkan perawan medis di rumah sakit dr Soetomo Surabaya, Husada Utama Surabaya, dan terakhir dirawat di RSUD Dr. Koesma Tuban. Sesuai keterangan Direktur RSUD Dr. Koesma, dr Saiful Hadi, Kiai Mundzir menderita penyakit kronis dan komplikasi.

“Sebenarnya sudah lama sakit tapi gak dirasa,” ujar Saiful Hadi saat dimintai keterangan wartawan BANGSAONLINE.com.

Di kalangan warga nahdliyin, Kiai Mundzir terkenal getol berorganisasi dan berkarya. Selain aktif di PCNU, ia juga aktif di beberapa lembaga pendidikan dan kemasyarakatan lainnya. Kiai kelahiran Pucuk Lamongan pada 20 April 1949 tersebut pertama memasuki Tuban menjadi seorang PNS guru agama di MTs Negeri Tuban sejak 1982. Kemudian ia aktif di PC LP Ma’arif NU Tuban sebagai sekretaris, kemudian juga menjabat Sekretaris PCNU Tuban, Ketua PCNU, dan sampai hingga wafatnya masih menjabat Wakil Rais Syruiah.

Di dunia pendidikan, ia tercatat sebagai guru SMA Mualimim, Founding Fathers (Pendiri) Bina Swagiri, Dosen STITMA, Dosen Akbid NU Tuban dan Pengurus di Bina Anak Soleh Tuban. Tak hanya itu, Kiai Mundzir juga menjabat sebagai Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Ketua Yayasan Mabarot Sunan Bonang, Wakil Ketua Takmir Masjid Agung Tuban dan terakhir menjabat sebagai Ketua Baznas Kabupaten Tuban.

“Beliau adalah seorang ulama yang alim karena lama mondok di Ponpes Langitan,” kata KH. Kasduri salah satu pengurus harian PCNU Tuban.

Menurutnya, sosok Kiai Mundzir merupakan seorang cendekiawan yang cerdas dan piawai di bidang ilmiah. Selain itu, dikenal pemberani, kreatif, aktif dan akomodatif. Oleh sebab itu, Kiai Mundzir pernah menorehkan jasanya menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban. Kecerdasan dan kecemerlangan serta wawasan luas telah tertuang dalam buku-bukunya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO