Marzuki Alie Pingsan saat Nunggu Pidato Kenegaraan Presiden SBY

Marzuki Alie Pingsan saat Nunggu Pidato Kenegaraan Presiden SBY Ketua DPR RI Marzuki Alie sempat mendampingi Presiden RI SBY sebelum akhirnya pingsan di ruang VVIP. Foto: antara

JAKARTA(BangsaOnline)Ketua DPR Marzuki Alie pingsan sebelum Presiden menyampaikan RAPBN 2015 di Gedung DPR. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menceritakan detik-detik kejadian itu.

"Kejadiannya sebelum Presiden masuk ke ruang sidang, kami sudah siap menyambut lalu Pak Marzuki merasa badannya tidak enak," cerita Priyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (15/8/2014). Saat itu posisi mereka ada di ruang VVIP yang steril dari wartawan maupun tamu lainnya.

Priyo mengatakan bahwa kejadiannya mendadak. Marzuki lalu jatuh dan Priyo menolong politikus PD itu.

"Pak Marzuki jatuh di pangkuan saya," ucap Priyo.

Saat itu, para pimpinan DPR langsung berkeliling di sekitar Marzuki. Wakil Ketua DPD GKR Hemas lalu memberikan aspirin dan Marzuki sempat tersadar.

"Presiden sempat kaget lalu meminta bantuan dokter kepresidenan," ujar politikus Golkar ini.

Sidang kemudian dimulai dengan Wakil Ketua DPR Pramono Anung sebagai pemimpin rapat. Presiden lalu membacakan RUU APBN dan nota keuangan hingga selesai.

Wakil Ketua DPR dari Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman mengatakan kalau dirinya mengetahui kondisi Ketua DPR Marzuki Alie lagi drop sejak dari pagi. Namun, saat itu dia belum mengetahui kalau kondisi Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat itu benar sedang sangat menurun.

"Dari pagi itu dia diare. Dia sudah beberapa kali ke belakang sebelum sidang. Itu saya tahu," kata Sohibul di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Sohibul menambahkan usai sidang pertama, kondisi Marzuki tampak makin drop. Hal ini menurutnya berdasarkan pengakuan Marzuki sekitar pukul 11.00 WIB.

"Dia bilang perut saya enggak tahan ini. Itu kan habis yang pertama jam 11-an. Terus saya bilang istirahat saja Pak. Dan dia memang terus ke belakang beberapa kali lagi," sebut Ketua DPP PKS itu

Kemudian, puncaknya kondisi Marzuki menurun drastis terjadi saat menunggu pidato kenegaraan terkait RAPBN 2015. Sohibul menceritakan saat duduk menunggu di ruang tunggu VIP, Marzuki berada di sebelah Wakil Presiden Boediono. Di ruang tunggu VIP ini, politikus kawakan itu sempat jatuh pingsan.

"Dia sudah hadir juga di ruang tunggu sama kita. Dengan Pak Boediono di sebelahnya. Tiba-tiba dia berdiri, terus dia bilang aduh saya pusing. Ya sudah saya bilang istirahat saja Pak Ketua. Eh tiba-tiba dia mau jatuh. Terus kita tangkap," ujarnya.

Pihak keluarga mengatakan bahwa politisi Partai Demokrat itu hanya kelelahan setelah bekerja keras mempersiapkan acara pidato kenegaraan Presiden hari ini yang ada dua sesi yaitu pagi dan siang.

"Bukan jantung, posisi kecapekan. Dari kemarin rapat sama DPD, dan gladiresik hingga acara hari ini. Kecapekan, tiba-tiba lemas," ujar Hilman, salah seorang keluarga Marzuki Alie, di ‎RSPAD Gatot Subroto, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (15/8/2014).

Hilman menuturkan Marzuki dirawat di Paviliun Kartika RSPAD. "Di lantai 4 kamar ICU nomor 3," ujarnya.‎

Marzuki kini telah siuman dan sedang diperiksa oleh dokter. Dia ditemani oleh istrinya.

"Selain Ibu, keluarga, bersama staf kesekjenan. Sekarang posisinya sudah sadar. Lagi diperiksa dokter," ujarnya.

Sumber: detik.com/tempo.co.id/okezone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO