Berdoa Dapat Jodoh Wanita Miskin; KH Dr Asep Saifuddin Chalim MA, Putra Pendiri NU (3)

Berdoa Dapat Jodoh Wanita Miskin; KH Dr Asep Saifuddin Chalim MA, Putra Pendiri NU (3) Dr KH Asep Saifuddin Chalim saat menerima kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pesantren Amanatul Ummah. foto: dok. amanatul ummah

BANGSAONLINE.com - Berbeda dengan para lelaki yang umumnya ingin punya istri kaya, bergelar dan berstatus sosial tinggi, saat muda Kiai Asep berdoa minta dinikahkan dengan wanita miskin dari keluarga tak punya jabatan dan tak dikenal nasabnya. Loh kenapa?

Kiai Asep Saifuddin mengaku pantang minta bantuan kepada pemerintah dalam mengelola pesantrennya. Ia mengaku trauma. Ia bercerita, dulu pernah ada seorang pejabat di Jawa Timur menawarkan sumbangan.

”Saya suruh anak-anak (pengurus pondok Amantul Ummah-red) bikin proposal karena pejabat itu minta. Tapi ternyata hanya janji-janji saja,” katanya. ”Saya sebenarnya malas mengajukan proposal. Tapi kalau saya tidak mengajukan nanti dikira sombong, karena ia (pejabat) minta (proposal),” katanya.

Sejak itu mantan ketua PCNU Surabaya ini tak mau lagi mengajukan proposal atau minta bantuan kepada pemerintah. ”Saya kan punya harga diri. Harga diri ini harus dijaga. Kita sebagai kiai harus independen,” katanya.

Ia juga bercerita bahwa isrinya sangat menolak keras bila ada orang mau membantu pendanaan pesantren yang diasuhnya, termasuk pemerintah.

”Istri saya malah yang keras menolak. Kalau ada orang mau bantu, istri saya langsung mendekati saya dan bilang jangan ditrima. Isteri saya tanya, kiai butuh uang berapa. Satu miliar? Saya kasih,” kata Kiai Asep.

”Istri saya memang punya banyak uang. Penghasilannya setiap bulan satu miliar. Saya senang istri saya punya sikap seperti itu,” katanya.

Sikap independen ini tampaknya memang watak Kiai Asep sejak muda. Kiai Asep tak suka menyandarkan hidupnya kepada orang lain, termasuk kepada mertua. Ia juga tak gila status sejak muda. Ketika cari jodoh ia bahkn berdoa agar dijodohkan dengan wanita miskin tanpa status dan nasabnya tak diketahui.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO