Hari Keempat Pasca Bencana, Posko Bantuan dan Dapur Umum Terus Gelontorkan Bantuan

Hari Keempat Pasca Bencana, Posko Bantuan dan Dapur Umum Terus Gelontorkan Bantuan Penanggung jawab posko bantuan dan dapur umum Pacitan, Sunaryo. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Hingga hari keempat pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor, posko logistik ‎yang dipusatkan di Balai Kelurahan Pacitan masih disibukkan dengan distribusi bantuan ke sejumlah lokasi yang masih banyak membutuhkan pertolongan. Terutama makanan siap saji, nasi bungkus, serta bahan kebutuhan pokok lainnya. Begitu pun daerah-daerah yang masih terisolir, sejak hari ini sudah mulai ditembus bantuan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pacitan, Sunaryo yang juga selaku penanggungjawab posko logistik dan dapur umum mengungkapkan, ‎selama ini pihaknya lebih terkonsentrasi untuk pengiriman bantuan makanan siap santap serta obat-obatan.

"Kami mengimbau bagi warga yang juga mendirikan dapur umum agar terus bersiaga. Kalau butuh bantuan bahan pokok segera kita distribusikan," katanya, Sabtu (2/12).

Sampai saat ini, Sunaryo menyebut sedikitnya sekitar 80 ton beras sudah didistribusikan ke lokasi-lokasi terdampak bencana. Belum lagi mie instan dan beragam kue-kue kering, obat-obatan, serta pakaian bekas layak pakai.

‎"Pada intinya di posko logistik ini, kita mempersiapkan dua jenis bantuan. Yaitu makanan siap santap dan bahan kebutuhan pokok," jelasnya.

Sementara itu, Staff Ahli Bupati Bidang Sosial dan Kesra, Rachmad Dwiyanto meminta agar masyarakat terdampak yang merasa belum menerima bantuan segera berkoordinasi dengan aparat desa masing-masing.

"Kita terus siaga hingga batas waktu ditetapkannya masa tanggap darurat. Sehingga masyarakat terdampak bencana yang mungkin belum menerima bantuan diharapkan segera berkoordinasi dengan aparat desa ataupun relawan-relawan yang saat ini bersiaga di lokasi terdampak bencana," jelasnya secara terpisah.

Dia juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siapa pun, baik perseorangan, lembaga, organisasi massa, atau parpol yang berkeinginan memberikan sumbangan agar ‎mendatangi posko logistik dan dapur umum tersebut.

"Kami terbuka, dari bendera manapun yang hendak menyampaikan bantuan segera sampaikan ke posko logistik," bebernya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO