Kamis, 20 September 2018 06:26

Pemkab dan Polresta Sidoarjo MoU, Sepakat Narkotika Masuk Kurikulum Sekolah

Senin, 13 November 2017 17:02 WIB
Wartawan: Catur Andy
Pemkab dan Polresta Sidoarjo MoU, Sepakat Narkotika Masuk Kurikulum Sekolah

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Untuk mengurangi maraknya peredaran narkoba di wilayah Sidoarjo, Polresta dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang masuknya narkoba sebagai salah satu kurikulum di sekolah.

Penandatanganan ini dilakukan di Alun-alun Sidoarjo yang juga dihadiri oleh ratusan siswa-siswi, beserta jajaran dari Polresta dan Pemkab Sidoarjo, Senin (13/11).

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji mengatakan penandatanganan MoU ini merupakan bentuk komitmen pemberantasan narkotika yang menurutnya sudah pada level membahayakan sehingga perlu penanganan serius dan dimasukkan dalam kurikulum pelajaran di sekolah.

"Penanggulangan masalah narkoba itu tidak bisa hanya dilakukan dengan penegakan hukum, jadi harus dilakukan secara komprehensif mulai dari pencegahan," kata Himawan pada wartawan, Senin (13/11).

Lebih lanjut Himawan menegaskan, masuknya narkotika dalam kurikulum ini merupakan penanganan narkotika dengan cara pencegahan. Nantinya, para siswa akan diberikan masukan-masukan mencerdaskan masyarakat untuk tidak menggunakan narkoba.

Selanjutnya, cara yang kedua dalam mengatasi narkotika adalah rehabilitasi terhadap korban yang terlanjur terkena pengaruh narkoba, dan ketiga baru penegakan hukum.

"Ini tiga langkah dilakukan secara komprehensif dan penanggulangan narkoba bisa lebih baik dilakukan di seekolah-sekolah," tegas Himawan.

Sementara itu di tempat yang sama, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan sangat mendukung MoU ini. "Pencegahan maraknya peredaran narkoba dimulai sejak awal, dan diadakan kurikulum di sekolah itu bagus sekali," kata Saiful Ilah.

"Secepatnya kurikulum ini akan dilaksanakan, kami akan kordinasi dengan Dinas Pendidikan. Kalau bisa setelah liburan semester ini dilakukan," jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Mustain Baladan menyambut positif kurikulum ini dan akan segera melaksanakan instruksi Bupati. "Karena pengajarnya dari Polri, maka kurikulum ini secepatnya akan dilakukan, namun dimulai dari pelajar SMP, " pungkasnya. (cat/rev)

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...