Jumat, 21 Februari 2020 02:57

Persyaratan Calon Perangkat Desa Dikeluhkan Pendaftar, Ini Jawaban Sekda

Kamis, 09 November 2017 21:57 WIB
Wartawan: Suwandi
Persyaratan Calon Perangkat Desa Dikeluhkan Pendaftar, Ini Jawaban Sekda
Budi Wiyana

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Tuban yang mengikuti rekrutmen calon perangkat desa mengeluhkan rumitnya melengkapi berkas persyaratan pendaftaran. Sejumlah peserta mengaku harus keluar masuk kantor pemerintahan untuk hanya melengkapi satu berkas persyaratan.

"Banyak persyaratan yang harus diurus untuk memenuhi persyaratan administrasi. Mulai dari data diri hingga mengurus surat keterangan tidak pernah dipidana dari Pengadilan Negeri," ujar salah satu peserta yang mendaftar perangkat Desa Taulu, Kecamatan Merakurak.

Dirinya mengaku tidak mempermasalahkan banyaknya berkas yang harus dilengkapi, hanya saja ia mengeluhkan lamanya pengurusan tia[p-tiap berkas.

"Kadang harus bolak balik dikantor yang sama karena kekurangan persyaratan dan proses pembuatannya tidak cukup dalam waktu sehari. Saat mengurus surat dari PN Tuban dan legalisir dari Disdukcapil juga antrenya cukup panjang, sehingga membutuhkan banyak waktu," terang pemuda yang meminta namanya tidak dipublikasikan ini.

Di Desa Taulu sendiri terdapat beberapa jabatan perangkat yang kosong, di antaranya Kaur Administrasi dan Kaur Tata usaha. Untuk itu, ia berharap bisa mengisi kekosongan tersebut.

"Cukup optimis mas, dulu pernah daftar perangkat juga. Saat ini daftar lagi sebagai Kaur Tata Usaha. Sekitar 15 orang yang daftar," pungkasnya.

Menanggapi keluhan peserta, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban Budi Wiyana menjelaskan bahwa berkas-berkas tersebut memang diperlukan untuk menjaga kevalidan data kependudukan tiap-tiap peserta. 

"Ini untuk kebaikan kita semua, jangan sampai setelah ditetapkan ada komplain dari pihak lain," ujar Budi Wiyana.

Adapun persyaratan itu di antaranya mulai dari surat berkelakuan baik dari kepolisian, legalisir ijazah, surat keterangan tidak pernah dipidana, dan beberapa persyaratan lain yang harus dupenuhi. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...