Kamis, 23 November 2017 05:00

Masih di bawah 60 Persen, DPRD Gresik Soroti Rendahnya Serapan Anggaran OPD

Kamis, 12 Oktober 2017 15:47 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Masih di bawah 60 Persen, DPRD Gresik Soroti Rendahnya Serapan Anggaran OPD
Nur Qolib

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik menyoroti kinerja OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkup Pemkab Gresik, terutama terkait serapan anggaran. Sebab, berdasarkan hasil evaluasi triwulan ketiga yang dilakukan dewan, rata-rata serapan OPD belum sesuai target.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (12/10/2017).

Qolib merinci, OPD yang serapan anggarannya rendah di antaranya adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), baru mencapai 27 persen. Disusul Dinas Permukiman dan Penataan Ruang 33 persen, kemudian Dinas Pendidikan 62 persen.

"Rata-rata semua OPD serapannya di bawah 60 persen. Idealnya, di triwulan ketiga, serapan anggaran di bulan Oktober harusnya sudah mencapai 70-80 persen," ungkapnya.

Untuk itu, Qolib meminta kepada Bupati Sambari agar mengingatkan OPD untuk meningkatkan kinerjanya.

"Sebab kalau dibiarkan terus berlarut, maka tradisi buruk tersebut akan terus dilakukan oleh OPD. Padahal, menurut atensi Presiden RI Joko Widodo semua OPD seyogyanya sejak bulan Februari tahun berjalan sudah melaksanakan kegiatan dan serapan anggaran," katanya.

Qolib juga menyorot lambannya pelaksanaan program bantuan hibah dan bansos, baik untuk lembaga pendidikan maupun tempat ibadah dari program Pokir (pokok pikiran) anggota dewan.

"Mayoritas masyarakat yang mengajukan bantuan mengeluh karena proposal permintaan bantuan mereka tak kunjung cair. Kondisi ini jelas berdampak terhadap anggota DPRD yang memperjuangkan pokir mereka," lanjutnya.

"Karena itu, minggu depan Banggar DPRD akan mengundang Timang (tim anggaran) untuk evaluasi Pokir tersebut," pungkasnya. (hud/rev)

Rabu, 22 November 2017 10:04 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*TANGGAL 21 November 2017 kemarin diperingati secara internasional sebagai Hari Pohon. Gerakan tanam pohon untuk bersedekah oksigen nyaris tidak terdengar secara massal di belantara ontran-ontran dramatik Ketua DPR RI Setya N...
Sabtu, 04 November 2017 19:50 WIB
​Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).Setelah du...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 11 November 2017 10:48 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 16 November 2017 12:03 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Chelsea Louise Thompson, artis berusia 27 tahun ini pamer lekuk tubuh indahnya, di kamar mandi. Foto telanjangnya diupload dengan caption: Waktu mandi.Dalam foto itu, tampak satu lengannya dipergunakan untuk menut...