220 Perusahaan Skala Besar di Gresik Belum Disensus

220 Perusahaan Skala Besar di Gresik Belum Disensus Wabup Moh Qosim bersama jajaran pejabat BPS Gresik saat peringatan hari statistik. foto: syuhud/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Endang Sulastri menyatakan ada 220 perusahaan skala besar di Kabupaten belum berhasil disurvei. Hal itu dikatakan Endang saat sosialisasi data statistik dalam rangka peringatan Hari Statistik Nasional tahun 2017 Di Universitas Muhammadiyah (UMG), Selasa (26/9/2017).

"Terima kasih atas keberhasilan pelaksanaan sensus ekonomi lanjutan. Saat ini pelaksanaan sensus ekonomi lanjutan di Kabupaten sudah mencapai 94,98 persen," jelasnya.

"Sebelumnya di Kabupaten ada sekitar 700 perusahaan belum berhasil disensus. Namun, atas bantuan Pemkab saat ini hanya tinggal 220 perusahaan besar yang belum berhasil disensus.

Sementara Wabup Moh. Qosim yang hadir pada kegiatan tersebut menyatakan pemerintah Kabupaten siap membantu memfasilitasi sensus ekonomi lanjutan yang dilaksanakan BPS. "Melalui OPD(Organisasi Perangkat Daerah) yang ada, seperti nelalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, kami akan membantu untuk memfasilitasi pelaksanaan survei kepada perusahaan tersebut," ujarnya.

Menurut Wabup, bantuan ini penting karena hasil sensus sangat diperlukan untuk pengambilan kebijakan Pemerintah. "Kami dapat data dari BPS bahwa angka kemiskinan di 13,48 persen. Dari data itu kami bisa melakukan program apa saja untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Soal program survei risiko terorisme, Wabup meminta agar BPS berkoordinasi dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik. "Untuk antisipasi terorisme, bagi Pemkab yaitu pendataan dan seleksi orang asing. Pengamanan dan penjagaan pelabuhan," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO