Bupati Sambari jadi Narasumber Konferensi Nasional Kesehatan

Bupati Sambari jadi Narasumber Konferensi Nasional Kesehatan Bupati Sambari saat memberikan paparan tentang Germas di Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sambari Halim Radianto menjadi narasumber konferensi nasional kesehatan mewakili Jawa Timur soal Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Gresik di Hotel Mercure, Jakarta, kemarin.

Di hadapan ribuan peserta konferensi, Bupati menyatakan, ada tiga hal yang dilakukan Pemkab Gresik dalam program Germas. "Kami mengajak masyarakat untuk membiasakan berolahraga minimal 30 menit setiap hari, selalu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, dan yang paling penting agar masyarakat selalu melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter minimal setiap enam bulan sekali," ujarnya.

Menurut ia, untuk menjalankan program Germas, harus didukung oleh semua OPD (organisasi perangkat daerah) dan masyarakat. Ia lantas mencontohkan, untuk memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, Pemkab Gresik mengkoordinasikan program ini antara Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan Dinas Pertanian (Disperta) dan Tim penggerak PKK Kabupaten Gresik serta masyarakat.

"Di sini ada semacam gerakan pemanfaatan pekarangan dengan menanam buah dan sayuran. Kegiatan ini sudah memasyarakat sampai ke desa serta RT/RW di Kabupaten Gresik. Bahkan Desa Sambogunung Kecamatan Dukun meraih juara Nasional PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang salah satu indikator penilaiannya adalah konsumsi sayur dan buah dari kebun sendiri," paparnya.

Aplikasi Germas, lanjut Bupati, juga dilakukan pada Kegiatan olahraga massal. Kegiatan ini dilakukan pada setiap event, misalnya jalan sehat, bersepeda sehat yang diikuti oleh puluhan ribu masyarakat. "Kami juga mewajibkan olahraga setiap Jumat pagi pada seluruh OPD. Bahkan kegiatan ini diikuti sampai pada PKK desa dan RT/RW," terangnya.

Bupati menambahkan, dirinya dan Wabup Moh. Qosim juga intens mengikuti kegiatan car free day. ”Kami bersama Wakil Bupati berusaha hadir untuk berolahraga pada setiap kegiatan car free day. Kegiatan kami laksanakan setiap Minggu pagi di jantung kota Gresik. Ke depan setelah Alun-alun kota selesai direvitalisasi, kegiatan akan kami pindah ke alun-alun kota," pungkasnya.

Acara tersebut selain diisi Bupati Sambari, juga ada pembicara lain yakni dr. Anung Sugihartono, M.Kes, (Dirjen Kesehatan Masyarakat), Acep Somantri, SIP. MDA (Ka Biro Luar Negeri), Prof. Dr. Ridwan Thaha (Universitas Hasanuddin), Drs. Hidayat, M.Si (Walikota Palu-Sulawesi Tenggara), dan dr. Hasto (Bupati Kulonprogo-DIY). (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO