Selasa, 22 Mei 2018 17:06

Ratusan Bonsai Dipajang di Bappeda Kabupaten Madiun

Jumat, 21 Juli 2017 22:03 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: Hendro
Ratusan Bonsai Dipajang di Bappeda Kabupaten Madiun
Bonsai yang dipamerkan dan dilombakan.Hendro Utomo/BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Ratusan tanaman bonsai unik dan memiliki seni tinggi akan dipamerkan mulai tanggal 22-26 Juli 2017. Tanaman bonsai ini sudah dipajang di depan halaman kantor Bappeda Kabupaten Madiun.Sejumlah bonsai di antaranya berharga sampai belasan juta rupiah dan ada yang dibanderol sampai Rp 350 juta.

Mereka memamerkan koleksi tanaman terbaik yang berusia tua namun memiliki ukuran mini. Ketua Perkumpulan PenggemarBonsai Madiun Herman mengatakan, pameran bonsai ini untuk mengenalkan tanaman bonsai kepada masyarakat.

Disebutkan, usaha bonsai bisa sangat menguntungkan karena memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.”Bonsai yang di sini ada yang dibanderol sampai Rp. 350 juta. Jika hobi ini sudah menjadi income maka akan menjadi semangat yang lebih,”ujar Herman.

Sebut saja bahan bonsai tanaman serut, arabika, lowa , santigi. Di Madiun kebanyakan bahan bosai didapat dari alam. Ia pun mendorong masyarakat untuk membudi dayakan bonsai tidak sekadar mengambil bahan dari alam agar tidak merusak lingkungan.

“Di Madiun kebanyakan bahan bosai didapat dari alam. Sedangkan teman-teman cabang lain yang sudah lama berkecimpung di bonsai sudah mengarah ke bahan yang sudah dibudi daya. Contohnya dari cangkok,stek, dan seterusnya. Ke depan kita juga akan mengarah ke situ juga,” harap Herman.

Selain pameran juga dilaksanakan lomba. Dalam penilaian, bonsai yang akan dinilai, yaitu penampilan, gerak dasar, keserasian, dan kematangan. Jika semua komplet maka ada harapan untuk jadi primadona kontes. (hen/rd)

Kamis, 17 Mei 2018 15:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*AHAD pagi itu, 13 Mei 2018, saya bergumul dalam cengkerama keluarga usai menjalankan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Ar-Rahman, Western Regency, Surabaya, yang semalamnya (Sabtu, 12 Mei 2018) diresmikan. Sambil menikmati d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Sabtu, 19 Mei 2018 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Senin, 14 Mei 2018 00:06 WIB
Pantai Kramat Banyuwangi yang mau dijadikan destinasi wisata.BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kelompok Nelayan Al Karomah bersama pemuda-pemudi Kertosari menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Kramat, Minggu (13/5). Kegiatan bersih-bersih pantai ...