Ratusan Bonsai Dipajang di Bappeda Kabupaten Madiun

Ratusan Bonsai Dipajang di Bappeda Kabupaten Madiun Bonsai yang dipamerkan dan dilombakan.Hendro Utomo/BANGSAONLINE

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Ratusan tanaman bonsai unik dan memiliki seni tinggi akan dipamerkan mulai tanggal 22-26 Juli 2017. Tanaman bonsai ini sudah dipajang di depan halaman kantor Bappeda Kabupaten Madiun.Sejumlah bonsai di antaranya berharga sampai belasan juta rupiah dan ada yang dibanderol sampai Rp 350 juta.

Mereka memamerkan koleksi tanaman terbaik yang berusia tua namun memiliki ukuran mini. Ketua Perkumpulan PenggemarBonsai Herman mengatakan, pameran bonsai ini untuk mengenalkan tanaman bonsai kepada masyarakat.

Disebutkan, usaha bonsai bisa sangat menguntungkan karena memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.”Bonsai yang di sini ada yang dibanderol sampai Rp. 350 juta. Jika hobi ini sudah menjadi income maka akan menjadi semangat yang lebih,”ujar Herman.

Sebut saja bahan bonsai tanaman serut, arabika, lowa , santigi. Di kebanyakan bahan bosai didapat dari alam. Ia pun mendorong masyarakat untuk membudi dayakan bonsai tidak sekadar mengambil bahan dari alam agar tidak merusak lingkungan.

“Di kebanyakan bahan bosai didapat dari alam. Sedangkan teman-teman cabang lain yang sudah lama berkecimpung di bonsai sudah mengarah ke bahan yang sudah dibudi daya. Contohnya dari cangkok,stek, dan seterusnya. Ke depan kita juga akan mengarah ke situ juga,” harap Herman.

Selain pameran juga dilaksanakan lomba. Dalam penilaian, bonsai yang akan dinilai, yaitu penampilan, gerak dasar, keserasian, dan kematangan. Jika semua komplet maka ada harapan untuk jadi primadona kontes. (hen/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO