Lebaran Nyaman, Pencernaan Sehat, Ini Caranya agar Tak Terkena Dyspepsia

Lebaran Nyaman, Pencernaan Sehat, Ini Caranya agar Tak Terkena Dyspepsia

MOMEN lebaran adalah waktu yang ditunggu-tunggu. Setelah satu bulan berpuasa, kebiasaan mudik untuk bertemu dan bersantap bersama keluarga merupakan sesuatu yang sangat dinantikan. Berbagai makanan tersedia, seperti sajian berkuah lemak, kue-kue manis, dan hidangan pedas merupakan ciri khas masakan lebaran.

Rasanya sulit menahan diri untuk tidak makan semua hidangan yang tersedia di meja ketika berkumpul dengan keluarga besar. Namun, ada yang perlu diperhatikan agar saat menyenangkan bersama keluarga tidak terganggu dengan masalah kesehatan pencernaan.

Terkadang setelah menyantap hidangan lebaran kita tidak merasa kenyang, tetapi malah merasa tidak nyaman, begah, dan perih di uluhati. Bila anda pernah mengalaminya mungkin saja saat itu anda sedang mengalami dyspepsia.

Dyspepsia adalah salah satu penyakit yang paling sering dikeluhkan saat dan pasca lebaran, ditandai dengan kumpulan gejala seperti nyeri perut, terasa tidak nyaman pada perut, kembung, begah, bahkan hingga mual dan muntah. Kumpulan gejala tersebut biasanya disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung berlebih, karena lambung dan organ pencernaan lain mengalami perubahan pola kerja.

Ketika berpuasa, otomatis ukuran kapasitas lambung mengecil dan terbiasa bekerja dengan pola yang teratur, sedangkan saat lebaran datang kita cenderung makan banyak-banyak dan dengan waktu yang tidak teratur. Dyspepsia juga dapat disebabkan oleh masalah lainnya seperti asam lambung naik karena reflux, terdapat infeksi kuman pada saluran cerna, alergi laktosa, perlukaan pada lambung, dan pengaruh obat-obatan maupun kafein.

Ada beberapa cara mudah yang dapat kita lakukan untuk menghindari terjadinya dyspepsia, yaitu:

1. Perhatikan Jumlah Asupan

Sumber: sakinahidaman.com

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO