RSUD Bangil Bisa Diobati Sakit Kanker, Terima Layanan Kemoterapi

RSUD Bangil Bisa Diobati Sakit Kanker, Terima Layanan Kemoterapi Humas RSUD Bangil dr Ghazali, dan Wakil Direktur RSUD Bangil dr Jundi Agustoro Sp.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bagi warga yang terserang penyaki kanker tak usah risau atau bingung. Pasalnya banyak cara bisa dilakukan untuk mengobatinya. Di antaranya dengan operasi (bedah), radioterapi (penyinaran), kemoterapi (obat-obatan), terapi hormonal, atau dilakukan kombinasi beberapa cara pengobatan. Tergantung jenis, stadium dan lokasi kanker serta kondisi pasien.

Demikian diungkapkan Wakil Direktur dr Jundi Agustoro SpB didampingi Humas dr Ghazali.

Pengobatan kemoterapi bertujuan eradikasi sel kanker (membunuh sel kanker di seluruh tubuh) karena kemoterapi bersifat sistemik. Terutama kanker yang sudah metastase (menyebar). Sekaligus mengurangi kemungkinan kambuh. Juga sebagai terapi tambahan untuk mengecilkan sel tumor sebelum dioperasi jika pasien datang sudah stadium lanjut.

“Pengobatan penyakit kanker relatif mahal, tetapi bagi peserta BPJS seluruh biaya dijamin BPJS. Untuk penduduk kabupaten Pasuruan yang miskin dan tidak punya kartu BPJS bisa dijamin penuh biayanya dengan mengurus SKM (Surat Keterangan Miskin),” kata dia.

Saat ini punya 8 tempat tidur untuk pelayanan kemoterapi. Sejak dibukanya pelayanan ini setahun lalu, pasiennya selalu penuh. Walaupun demikian pelayanan tetap bisa diberikan dengan baik karena pasien terjadwal sesuai advis dokter.

“Dengan adanya pelayanan kemoterapi di , masyarakat kabupaten Pasuruan dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh dan antre berobat di Surabaya atau Malang,” tambah dia.

"Untuk pemeriksaan dan konsultasi dokter spesialis kanker bisa dilakukan di Poli Kanker yang buka tiap hari Sabtu di jam kerja. Tapi untuk pelaksanaan kemoterapi dilakukan tiap hari sesuai jadwal yang diputuskan oleh dokter. Dianjurkan pada penderita kanker untuk berobat sedini mungkin supaya peluang sembuhnya lebih besar, lebih cepat dan lebih mudah. Bagi yang ragu dengan adanya benjolan ditubuhnya dianjurkan untuk cepat periksa dan konsultasi pada dokter di Poli kanker ," imbau dia.

"Pelayanan kemoterapi di didukung sarana dan prasarana yang sangat modern dan berstandart internasional. Ditangani oleh dokter spesialis kanker dan didampingi perawat yang terdidik khusus menangani penyakit kanker," pungkasnya. (bib/par/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO