Warga Binaan Lapas Tuban Diberi Pelatihan Berbagai Keterampilan

Warga Binaan Lapas Tuban Diberi Pelatihan Berbagai Keterampilan Warga binaan lapas kelas 2B Tuban saat menerima pengarahan dari Kalapas. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga binaan pemasyarakatan (WPB) Kelas 2B Tuban menerima berbagai macam pelatihan keterampilan di aula lapas setempat, Kamis (9/3).

Dalam kesempatan tersebut, mereka dilatih mulai pembinaan keterampilan perkayuan, pertanian, perkebunan, perikanan, dan industri konveksi. Pelatihan itu resmi dibuka langsung oleh Kalapas Tuban, Danang Yudiawan dan dihadiri pula UPT Pelatihan Kerja Tuban, Dinas Perindustrian Tuban serta mitra kerja yang terkait dengan kegiatan tersebut.

Danang Yudiawan mengatakan, sebelumnya pihak lapas pada beberapa hari yang lalu sudah memberikan bimbingan keterampilan kaligrafi dan kendaraan bermotor. Sedangkan, agenda untuk hari ini adalah pelatihan berbagai macam keterampilan.

Kata dia, pelatihan tersebut sebagai bekal bagi warga binaan, sehingga diharapkan setelah bebas, mereka dapat memanfaatkan keahliannya untuk mencari rezeki yang halal.

"Jangan mengulangi kesalahan yang lalu. Anggap yang dulu itu sebagai pelajaran. Kini harus move on," ujar Danang.

Sementara Marjono, perwakilan dari UPT Pelatihan Kerja Tuban berharap warga binaan sungguh-sungguh mengikuti pelatihan kerja tersebut. 

"Kami setuju dengan pak Kalapas bahwa di Tuban ini UMK-nya besar, lumayan untuk daerah di sekitar eks karesidenan Bojonegoro. Kami beharap para WBP sungguh-sungguh mengikuti pelatihan, dan ke depan bisa menjadi pengusaha yang sukses nantiya," pungkasnya.(wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO